Top! IKSBD Bali Fasilitasi Pembuatan E-KTP Bagi Warga SBD

Top! IKSBD Bali Fasilitasi Pembuatan E-KTP Bagi Warga SBD
Ketua III Pengurus Ikatan Keluarga Sumba Barat Daya (IKSBD) Bali, Albertus Guru Gara alias Abe. Foto: Dokpri for JPNN

jpnn.com, DENPASAR - Ikatan Keluarga Sumba Barat Daya (IKSBD) Bali memfasilitasi pembuatan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) bagi warga Sumba Barat Daya (SBD) di Provinsi Bali khususnya yang selama ini belum memiliki e-KTP.

Ketua III Pengurus IKSBD Bali, Albertus Guru Gara mengatakan langkah yang diambil pengurus IKSBD Bali itu untuk merespons aspirasi warga SBD di Bali yang selama ini belum memiliki e-KTP.

Menurut Abe-sapaan Albertus, setelah melalui koordinasi dengan Pemkab SBD, akhirnya berlangsung perekaman data e-KTP bagi warga SBD di Bali. Perekaman berlangsung selama tiga hari, 13-15 Januari 2020. 

Perekaman tersebut dilaksanakan setelah perayaan Natal Bersama pada Januari 2020. Saat itu, menurut Abe, Wakil Bupati SBD Kristian Taka dan Ketua DPRD Sumba Barat Daya serta pihak terkait lainnya sempat menyaksikan pada hari pertama proses perekaman data bagi warga SBD. Perekaman dilakukan oleh petugas Dukcapil SBD.

“Kami bersyukur, setelah lima bulan diadakan perekaman, akhirnya E-KTP dapat dibagikan secara simbolis kepada warga SBD pada 8 Juni 2020,” kata Abe via telepon seluler dari Denpasar, Bali kepada JPNN pada Sabtu (20/6/2020).

Pada kesempatan itu, Abe yang merupakan alumnus SMA Katolik Anda Luri, Waingapu, Sumba Timur itu juga menuturkan kronologis dan upaya pengurus IKSBD Bali yang dipimpin Gidion Ndapatady selaku Ketua Umum dalam menjawab aspirasi warga SBD di Bali.

Menurut Abe, banyak warga SBD di Bali tidak memiliki e-KTP. Mereka juga mengalami kesulitan dalam mengurus e-KTP ke Sumba, di antaranya karena masalah biaya transportasi yang mahal.

Oleh karena itu, kata Abe, Ketua Umum IKSBD Gidion Ndapatady menindaklanjuti hasil pertemuan pengurus inti IKSBD Bali pada bulan Juli tahun 2019 dengan menghubungi Wakil Bupati SBD dan pejabat terkait di Pemkab Sumba Barat Daya.

IKSBD Bali memfasilitasi pembuatan e-KTP bagi warga Sumba Barat Daya (SBD) yang berdomisili di Bali khususnya yang selama ini belum memiliki e-KTP.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News