TOP! Wali Kota Surabaya Berbagi Pengalaman Memajukan Kota

TOP! Wali Kota Surabaya Berbagi Pengalaman Memajukan Kota
Tri Rismaharini bersama Rudi di kantor Pemko Batam, kemarin. Foto: Batam Pos/jpg

jpnn.com - BATAM - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini berkunjung ke Kantor Wali Kota Batam, Kamis (14/7) sore. Kunjungan wanita yang akrab disapa Risma ini merupakan agenda penandatanganan nota kesepakatan antara Pemko Surabaya dan Pemko Batam diberbagai hal.

Diantaranya teknologi dan informasi, manajemen perkotaan, penanganan trafiking perempuan dan anak, kebudayaan dan pariwisata, pengelolaan potensi pangan hingga mengatasi pemasalahan sampah.

Di depan Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, Wakil Walikota Batam Amsakar Achmad serta seluruh SKPD Batam, Risma berbagi ilmu dan pengalaman dalam mengelola Kota Surabaya. 

Sebab untuk memajukan Kota Surabaya, tak perlu anggaran yang besar, namun ada keinginan dari pemerintah untuk memajukannya.

"Anggaran kami sedikit, namun cukup. Malahan, pembangunan proyek pembangunan jalan sering kita lebihkan. Contohnya pembangunan jalan yang hanya 400 meter, kita jadikan 600 meter," kata Risma di aula lantai 5 Pemko Batam seperti dikutip dari batampos (Jawa Pos Group).

Dalam melakukan suatu pekerjaan dirinya tak hanya memerintah, namun juga turun langsung mengontrol pekerjaan itu. Bahkan tak segan-segan bekerja langsung, seperti menyapu jalanan.

"Menyapu jalanan itu harus sabar. Saya belajar menyapu jalanan itu dari petugas. Ternyata kalau tak sabar, tugas itu tak akan selesai. Kadang saat sampah sudah terkumpul ada kendaraan lewat atau angin kencang, kemudian sampah kembali berserakan. Namun ada cara khusus agar bisa membersihkannya," jelas Risma.

Dikatakannya, Surabaya memiliki 2 juta penduduk hanya ada 600 petugas kebersihan. Dulunya petugas kebersihan itu mencapai 1.700 orang, namun karena dianggap banyak yang santai, akhirnya ia memangkas hingga 600 orang. Ratusan petugas kebersihan itu pun harus bekerja ekstra selama delapan jam. 

BATAM - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini berkunjung ke Kantor Wali Kota Batam, Kamis (14/7) sore. Kunjungan wanita yang akrab disapa Risma ini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News