Topan Bill 'Memperkuat Diri'

Topan Bill 'Memperkuat Diri'
BADAI - Sementara Topan Bill masih 'bersiap-siap', erosi dari gelombang pasang tinggi yang dibawa oleh Badai Tropis Claudette pun menampakkan efeknya, seperti di daerah pantai Destin, Florida, di mana paviliun yang biasanya di atas pantai pun, Senin (17/8) waktu setempat sudah dikelilingi air. Foto: AP Photo/Mari Darr-Welch.
PORT-AU-PRINCE - Tornado besar pertama di musim (angin) Atlantic tahun ini, Topan Bill, terus mengumpulkan kekuatannya di kawasan laut, Senin (17/8) waktu setempat. Sementara itu, dua sistem topan lebih kecil lainnya juga sudah mulai 'menyapa' kawasan sebelah timur laut Kepulauan Karibia serta Florida bersamaan dengan hujan.

Sebagaimana diberitakan AP, Topan Bill sudah diperkirakan bakal melanda beberapa kawasan sebagai badai terbesar dalam beberapa hari ini. Dengan kecepatan angin puncak mencapai 110 mph atau 177 kph, Bill yang bergerak di jalurnya diprediksi sudah akan sampai di dekat kawasan Bermuda akhir pekan ini.

Topan ini sangat besar, terutama dengan membawa angin tropis hingga seukuran 200 mil. "Oleh karena itu, Bermuda akan mendapatkan potensi ancaman, bahkan meskipun daerah kepulauan di Atlantik terhindar dari terjangan langsungnya," ungkap Nick Camizzi, salah seorang peramal cuaca di lembaga cuaca Inggris. "Kita tentu saja terus memperhatikannya," tambahnya.

"Kendati begitu, rasanya terlalu cepat untuk memperkirakan apakah topan ini juga akan mengancam kawasan pantai timur AS," tutur John Cangialosi pula, seorang meteorolog di Pusat Badai Nasional AS, sambil menambahkan bahwa Florida tidak termasuk yang terancam oleh topan ini.

PORT-AU-PRINCE - Tornado besar pertama di musim (angin) Atlantic tahun ini, Topan Bill, terus mengumpulkan kekuatannya di kawasan laut, Senin (17/8)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News