Toyota Bakal Tanamkan Rp 5,4 Triliun di Indonesia

Toyota Bakal Tanamkan Rp 5,4 Triliun di Indonesia
Saleh Husin. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin mengungkapkan, Toyota berencana menanamkan modalnya di Indonesia sebesar Rp 5,4 triliun tahun ini. Langkah ini dinilai menunjukkan kepercayaan investor global terhadap iklim investasi dan prospek industri otomotif di Indonesia. 

"Toyota serius berbisnis di Indonesia, tahun ini saja akan berinvestasi Rp 5,4 triliun, setelah tahun 2015 menanam modal Rp 5 triliun," kata Menperin dalam keterangan persnya, Jumat (19/2).

Dalam kurun waktu lima tahun, sejak 2015 hingga 2019, total rencana investasi Toyota sebesar Rp 20 triliun. Sedangkan hingga 2014, prinsipal asal Negeri Sakura itu telah merealisasikan penanaman modal di Indonesia sebesar Rp 40 triliun. Saat ini, perusahaan tengah merampungkan pabrik mesin (engine plant) di Karawang.

Menteri Saleh juga mengapresiasi kepercayaan Toyota yang terus menerus berinvestasi di Indonesia dan telah menjadikan Indonesia sebagai salah satu tujuan investasi dan basis produksi mobil Toyota hingga saat ini.‎ Kemenperin mencatat, merek Toyota di Indonesia menguasai sekitar 31-32 persen pasar domestik. (esy/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News