Tradisi Menulis Bentuk Peradaban Bangsa

Hatta Ajak Mahasiswa dan Pelajar Tuangkan Gagasan dalam Tulisan

Tradisi Menulis Bentuk Peradaban Bangsa
Tradisi Menulis Bentuk Peradaban Bangsa
JAKARTA - Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa, mengajak mahasiswa dan pelajar agar membiasakan menuangkan ide dan pikiran dalam  bentuk tulisan. Menurut Hatta, karya tulis menunjukkan peradaban sebuah bangsa.

Hal itu disampaikan Hatta saat menyampaikan kata sambutan dalam malam penganugerahan hadiah Hatta Rajasa Writing Competition (HRWC) di Jakarta, Rabu (12/9) malam. Menurut Hatta, menulis mengajarkan objektivitas dan kebenaran akademis. "Riset mentality hanya bisa dibangun oleh writing dan reading society. Mari kita bersama-sama  menuju bangsa yang membangun inovasi," ajaknya.

Dipaparkannya, tradisi menulis berbeda dengan bicara yang tak jarang menciptakan perbedaan dan berujung perdebatan kontraproduktif. "Kita boleh saja beda pandangan terhadap sebuah tulisan, namun ruang demokrasi membuat kita menyatakan kebenaran objektif," katanya.

Dia menegaskan, para pendiri bangsa juga sudah rumusaan tertulis di Pembukaan UUD 1945 yang secara jelas menunjukkan arah perjalanan bangsa ke depan. "Siapapun pemimpinnya, siapapun penggantinya, datang pergi pengganti, tujuannya adalah melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh bangsa Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial," kata Hatta.

JAKARTA - Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa, mengajak mahasiswa dan pelajar agar membiasakan menuangkan ide dan pikiran dalam 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News