Training Pendamping Desa Beralih ke Digital Platform Mulai 2023

Training Pendamping Desa Beralih ke Digital Platform Mulai 2023
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar saat membuka TOT Peningkatan Kapasitas Tenaga Pendamping Profesional Regional IV di Jakarta. Foto: Kemendes PDTT

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) gencar meningkatkan kapasitas dan sumber daya pendamping desa tingkat provinsi melalui training of trainer (TOT).

Setelah mengikuti pelatihan, para peserta diharapkan dapat mentransfer ilmu yang mereka serap kepada pendamping desa tingkat kabupaten/kota.

Pelaksanaan TOT Peningkatan Kapasitas Tenaga Pendamping Profesional Regional IV yang digelar 5-8 September 2022 berlangsung di Jakarta.

Pelaksanaan TOT seri IV ini diikuti 330 peserta yang berasal dari 12 provinsi, yakni Kaltim, Kalbar, Sulut, Sulteng, Sulsel, Sultra, Gorontalo, Sulbar, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat.

Semua peserta tersebut selanjutnya akan kembali ke daerah untuk melatih dan meningkatkan kapasitas pendamping lokal desa yang ada di seluruh Indonesia.

Dengan demikian, pelatihan ini bisa mewujudkan harapan publik terhadap pendamping desa untuk menyelesaikan semua persoalan yang dihadapi warga desa.

“Tenaga pendamping profesional adalah tenaga pendamping yang mendampingi secara totalitas seluruh hal yang terkait dengan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat desa,” kata Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar saat membuka TOT Peningkatan Kapasitas Tenaga Pendamping Profesional Regional IV di Jakarta, Senin (5/9/2022).

Menteri yang akrab disapa Gus Halim itu menegaskan akan terus mendorong peningkatan kapasitas para pendamping desa di seluruh Indonesia.

Kemendes PDTT gencar meningkatkan kapasitas dan sumber daya pendamping desa tingkat provinsi melalui training of trainer (TOT).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News