Transparansi Dana Golkar, PD dan PKS Dipertanyakan

Transparansi Dana Golkar, PD dan PKS Dipertanyakan
Transparansi Dana Golkar, PD dan PKS Dipertanyakan
JAKARTA - Transparency International Indonesia (TII) bekerja sama dengan Komisi Informasi Pusat mengembangkan instrumen yang dapat mengukur tinggkat transparansi pendanaan partai politik melalui sebuah survei. Ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 2 tahun 2008 junto Undang-Undang Nomor 2 tahun 2011 tentang Partai Politik dan Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Pelaksanaan survei dilakukan sejak Juni 2012 hingga April 2013.

Dari pelaksanaan survei ke sembilan partai politik di parlemen terdapat tiga partai besar yang tidak maupun kurang bersikap kooperatif terkait transparansi dana yaitu Partai Golkar, Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

"Riset ini utk mengukur sejauh mana transparansi pendanaan parpol di tingkat DPP, bukan di daerah. Namun ada yang tidak bersedia disurvei. Partai Demokrat dan PKS melakukan proses komunikasi dengan TII meski kurang kooperatif terkait transparansi keuangan partainya. Sedangkan Partai Golkar sama sekali tidak membuka komunikasi," ujar Peneliti TII Putut Aryo Saputro dalam jumpa persnya di Jakarta Selatan, Selasa (16/4).

Dalam survei transparansi ini TII meneliti buku laporan keuangan partai politik lima tahun terakhir, buku laporan keuangan kampanye legislatif 2009 dan 2004, identitas penyumbang dan bentuk sumbangan untuk parpol dan laporan realisasi anggaran di partai.

JAKARTA - Transparency International Indonesia (TII) bekerja sama dengan Komisi Informasi Pusat mengembangkan instrumen yang dapat mengukur tinggkat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News