Triyono Sempat Latihan Militer Bareng Abu Sayyaf Sebelum Tertangkap

Triyono Sempat Latihan Militer Bareng Abu Sayyaf Sebelum Tertangkap
Brigjen Dedi Prasetyo. Foto: Desyinta Nuraini/JawaPos.com

jpnn.com, JAKARTA - Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Dedi Prasetyo membeberkan sepak terjang terduga teroris bernama Triyono Wagimin Atmo alias Andalus alias Abu Hilwa alias TW yang ditangkap saat razia lalu lintas Kamis (14/2) di Jawa Tengah.

Menurut Dedi, Triyono adalah bagian dari Jemaah Ansharut Daulah (JAD) yang merupakan kelompok teroris paling dicari di Indonesia saat ini.

Selain itu, Triyono yang berusia 32 tahun itu sudah lama diburu oleh Densus 88 Antiteror dan masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) atau buronan.

“Dia berpengalaman dan sudah pernah sampai ke Filipina Selatan,” kata Dedi di Mabes Polri, Jumat (22/2).

Di negara tetangga Indonesia itu, Triyono sempat bertemu dengan kelompok teror di bawah pimpinan Abu Sayyaf. Bahkan, Triyono sempat latihan militer bersama.

“Namun pada Juni 2016 lalu dia dideportasi dari Filipina,” imbug Dedi.

Kemudian pada Oktober 2016, dia diketahui telah mengikuti latihan militer di daerah Karang Bolong, Anyer, Banten bersama Adi Jihadis cs. Dia juga pernah merencanakan amaliah dengan modus operandi menembaki aparat kepolisian untuk merebut senjatanya.

"Dia termasuk yang terlatih di JAD Jateng dan Yogyakarta," sambung Dedi.

Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Dedi Prasetyo membeberkan sepak terjang terduga teroris bernama Triyono Wagimin Atmo alias Andalus alias Abu Hilwa alias TW yang ditangkap saat razia lalu lintas Kamis (14/2) di Jawa Tengah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News