Trubus Sebut Gubernur Anies Tidak Punya Peluang Jadi Kepala Otorita IKN, Begini Analisisnya

Trubus Sebut Gubernur Anies Tidak Punya Peluang Jadi Kepala Otorita IKN, Begini Analisisnya
Pengamat Kebijakan Publik Trubus Rahadiansyah mmenyebut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tidak memiliki peluang menjadi Kepala IKN Nusantara. Ilustrasi/Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat Kebijakan Publik Trubus Rahadiansyah menilai Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tidak memiliki peluang untuk dipilih menjadi Kepala Otorita IKN (Ibu Kota Negara) Nusantara.

"Anies tidak bisa karena walaupun banyak yang mendukung, Anies bukan orang partai politik," ujar Trubus saat dihubungi, Kamis (27/1).

Menurutnya berbicara tentang kepala IKN berarti mengungkit dinamika politik karena itu diangkat dan diberhentikan oleh presiden.

Kedudukannya juga setingkat menteri dan bukan gubernur.

"Berarti disitu ada kewenangan partai politik penguasa yang punya pengaruh," tutur Trubus.

Trubus menambahkan sekarang kan partai yang berkuasa adalah PDI Perjuangan dan kemungkinan besar yang diangkat adalah kadernya.

Ia juga menyinggung pernyataan Presiden Jokowi yang mengatakan calon Kepala IKN bisa arsitek dan punya pengalaman memimpin daerah.

"Kalau punya pengalaman memimpin daerah itu boleh, tetapi kalau arsitek itu bukan pengertiannya sebagai profesi arsitek," tutur Trubus.

Menurut Trubus berbicara tentang kepala IKN berarti mengungkit dinamika politik karena itu diangkat dan diberhentikan oleh presiden.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News