Trump Mengancam, Korut dan Tiongkok Pererat Hubungan

Trump Mengancam, Korut dan Tiongkok Pererat Hubungan
Presiden Tiongkok Xi Jinping mendapat sambutan meriah di ibu kota Korut, Pyongyang. Foto: AP

jpnn.com, PYONGYANG - Pertemuan Presiden Tiongkok Xi Jinping dan pimpinan Korea Utara menghasilkan beberapa kesepatan dalam sejumlah isu penting. Salah satunya adalah melanjutkan hubungan persahabatan apapun situasinya.

Xi meninggalkan Ibu Kota Korea Utara Pyongyang pada Jumat setelah melakukan kunjungan selama dua hari. Kunjungan tersebut menjadi yang pertama bagi pemimpin China dalam kurun waktu 14 tahun.

BACA JUGA: Maksud Tersembunyi Presiden Tiongkok Berkunjung ke Korut

Tiongkok merupakan satu-satunya sekutu besar Korut dan kunjungan Xi bertujuan memperkuat negara yang terisolasi tersebut melawan tekanan dari sanksi AS atas program nuklir dan rudal miliknya serta pembicaraan denuklirisasi dengan AS.

Kunjungan dilakukan sepekan menjelang pertemuan Presiden Donald Trump dan Presiden Xi pada KTT G20 di Osaka, Jepang di tengah sengketa dagang yang mengguncang pasar keuangan global. (DIT/rmco)


Pertemuan Presiden Tiongkok Xi Jinping dan pimpinan Korea Utara menghasilkan beberapa kesepatan. Salah satunya adalah melanjutkan hubungan persahabatan apapun situasinya.


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber RMCO.id

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News