'Try Out' Bisa Tingkatkan Kemampuan Siswa

'Try Out' Bisa Tingkatkan Kemampuan Siswa
'Try Out' Bisa Tingkatkan Kemampuan Siswa
JAKARTA - Dengan banyaknya try out yang digelar oleh para pihak sekolah, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas), Mansyur Ramly menganggap hal tersebut positif, karena dapat mendorong para siswa untuk lebih meningkatkan kualitas belajarnya menjelang ujian nasional (UN).

"Umumnya, standar soal try out lebih tinggi dari soal UN. Jika sekolah menggelar try out, baik-baik saja. Namun jangan terlalu sering, karena pastinya akan mengeluarkan biaya yang cukup mahal. Mungkin lebih baik ditambah dengan mengikuti bimbingan belajar, walaupun hasilnya tidak mutlak," terangnya, ketika dihubungi JPNN di Jakarta, Senin (15/2).

Sementara itu, Wakil Menteri Pendidikan Nasional (Wamendiknas), Fasli Jalal, juga menambahkan bahwa setiap anak mempunyai kesempatan yang sama untuk masuk ke perguruan tinggi. Hanya saja menurutnya, itu bukan berarti tanpa resiko. "Dengan try out (uji coba), diharapkan para siswa bisa tenang waktu melihat soal. Dari sana, mereka bisa kembali memetakan soal, mana yang masih harus dipelajari dan dilatih," jelasnya. (cha/jpnn)

JAKARTA - Dengan banyaknya try out yang digelar oleh para pihak sekolah, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan Nasional


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News