Tuding Wiranto Kaburkan Fakta soal Pemberhentian Prabowo

Tuding Wiranto Kaburkan Fakta soal Pemberhentian Prabowo
Tuding Wiranto Kaburkan Fakta soal Pemberhentian Prabowo

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Penerangan RI periode 1998-1999, Muhammad Yunus Yosfiah memastikan bahwa tidak pernah ada pemberhentian secara tidak hormat kepada mantan Danjen Kopassus TNI Letjen (Purn) Prabowo Subianto. Yunus yang kini menjadi politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu mengatakan bahwa Prabowo diberhentikan secara hormat atas usulan Jenderal (Purn) Wiranto selaku Panglima ABRI (Pangab).

"Tidak ada pemecatan pada Letjen Prabowo Subianto, yang ada adalah pemberhentian hormat dan memberikan pensiun, dan pemberian penghargaan dari negara. Menhankam/Pangab yang mengusulkan pemberhentian dengan hormat pada Presiden. Dan yang menjabat Menhankam/Pangab pada saat itu adalah Pak Wiranto," papar Yunus kepada wartawan di Rumah Polonia, Jakarta Timur, Selasa (24/6).

Mantan Kepala Staf Sosial Politik ABRI ini pun menilai janggal jika masih ada pihak yang menyebut calon presiden (capres) nomor urut 1 itu diberhentikan tidak hormat. Ia juga mengaku heran dengan sikap Wiranto yang terus menyudutkan Prabowo.

Apalagi, Wiranto sempat menuding Prabowo sebagai dalang kerusuhan tahun 1998. "Saya tidak mau berpolemik dengan Pak Wiranto. Yang saya tahu sudah saya jelaskan. Saya waktu itu menjabat sebagai Menteri Penerangan dan Pak Prabowo tidak pernah dipecat dengan tidak hormat," ujarnya.

Lebih lanjut Yunus mempertanyakan kenapa masalah tragedi HAM 1998 ramai diperbincangkan saat Pilpres 2014. Padahal, sambungnya, proses Prabowo menuju pilpres sudah dilakukan dilakukan sejak 2004. Pada Pilpres 2014, Prabowo menjadi calon wakil presiden untuk capres Megawati Soekarnoputri.

"Kenapa baru sekarang hal ini diungkit? 2004 pernah ikut konvensi tidak ada yang ribut, 2009 menjadi wakil Bu Megawati, kenapa tidak ada yang ribut? Juga melewati verifikasi KPU tenang-tenang saja. Yang anehnya ketika berhadapan dengan Bu Mega ini muncul, siapa dalang dibalik ini. Rakyat harus jernih memandang hal ini," ucap Yunus. (dil/jpnn)


JAKARTA - Menteri Penerangan RI periode 1998-1999, Muhammad Yunus Yosfiah memastikan bahwa tidak pernah ada pemberhentian secara tidak hormat kepada


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News