Tugboat Pesanan Pertamina Tenggelam Saat Diluncurkan di Batam

Tugboat Pesanan Pertamina Tenggelam Saat Diluncurkan di Batam
Galangan Kapal. Foto Ilustrasi. dokumen JPNN

jpnn.com, BATAM - Satu unit kapal Tugboat dikabarkan tenggelam saat diluncurkan di salah satu perusahaan galangan kapal di Tanjunguncang, Batam, Kepri, Jumat (28/7) malam.

Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Kapal yang baru selesai dikerjakan itu tenggelam dengan posisi miring.

Informasi yang didapat, tenggelamnya kapal tersebut diduga karena adanya kesalahan teknis saat proses menurunkan kapal ke laut. Kapal yang sudah rampung dikerjakan itu mulanya tak ada hambatan saat didorong atau diluncurkan ke laut.

Namun beberapa saat setelah berada di atas laut, kapal tersebut mendadak miring dan tenggelam secara perlahan. Tugboat tersebut menurut informasi adalah pesanan dari PT Pertamina.

"Mungkin ada yang tak beres dengan prosedur peluncurannya, makanya jadi miring kapal saat masuk ke laut," kata sumber di lapangan seperti dilansir Batam Pos (Jawa Pos Group) hari ini.

Proses peluncuran kapal sendiri dilakukan sejak sore hari. Namun karena badan kapal yang cukup besar kapal tersebut tenggelam secara perlahan. "Kalau tenggelam sampai miring sekitar pukul 01.00 WIB lah. Karena lama juga dia miring baru tenggelam. Itu pun tak semua tenggelam," ujar sumber itu lagi.

Tenggelamnya kapal tugboat itu juga menyita perhatian pihak kepolisian dan Basarnas untuk sama-sama melakukan evakusi dan sampai Minggu (30/7), kapal tersebut diinformasikan sudah dievakuasi kembali ke lokasi perusahaan.

"Semua sudah beres mas, tak perlu diliput lagi," kata petugas keamanan di gerbang masuk perusahaan galangan kapal tersebut.

Satu unit kapal Tugboat dikabarkan tenggelam saat diluncurkan di salah satu perusahaan galangan kapal di Tanjunguncang, Batam, Kepri, Jumat (28/7)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News