Tugu Khatulistiwa Juga Ada di Lingga

Tugu Khatulistiwa Juga Ada di Lingga
Tugu Khatulistiwa Juga Ada di Lingga
LINGGA--Tugu Khatulistiwa tidak hanya ada di Pontianak. Di Lingga, Provinsi Kepri, juga ada. Keberadaan tugu mini khatulistiwa di Tanjung Teludas, Desa Mentuda, itu  telah menarik perhatian wisatawan mancanegara untuk berkunjung. Pada akhir Maret lalu, sejumlah wisman asal Perancis dan Mauritius melancong ke sana.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Lingga, M Ishak mengatakan, pelancong asal Perancis dan Mauritius itu tak sekedar melancong. Mereka sengaja datang untuk merancang tarian sebuah tarian di bawah khatulistiwa yang akan ditampilkan dalam pertunjukkan bulan Juni nanti di Perancis. "Mereka 11 hari di Lingga. Tari yang mereka tampilkan mirip balet. Kita telah melihat mereka menampilkan tarian itu di Balairung Seri Reflika Damnah," kata Ishak, kemarin.

Pada kesempatan ini, turis tersebut berjanji akan mempromosikan Lingga di Perancis. "Mereka baru kali ini ke Indonesia. Hebatnya langsung ke Lingga," ujarnya.

Prasasti untuk pembangunan tugu khatulistiwa itu diteken Gubernur Kepri Ismeth Abdullah dan Bupati Lingga Daria disaksikan kepala daerah se-Kepri di Lapangan Merdeka, Dabo Singkep tanggal 5 Mei 2009. Saat itu, Gubkepri mengatakan, Lingga dapat berkah karena dilewati garis khatulistiwa. Di Indonesia kebanyakan daerah yang dilalui garis khatulistiwa berada di daratan, seperti Bonjol, Sumbar dan Pontianak, Kalbar.

LINGGA--Tugu Khatulistiwa tidak hanya ada di Pontianak. Di Lingga, Provinsi Kepri, juga ada. Keberadaan tugu mini khatulistiwa di Tanjung Teludas,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News