Tugu Kuntilanak, Kalau Ada Wisatawan Kerasukan Hantu?

Tugu Kuntilanak, Kalau Ada Wisatawan Kerasukan Hantu?
Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kalimantan Barat, Kartius, penggagas pembangunan tugu kuntilanak. Foto: Rakyat Kalbar/dok.JPNN.com

jpnn.com - Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kalimantan Barat, Kartius, melontarkan wacana akan membangun monumen atau tugu kuntilanak di Kota Pontianak. Wacana tersebut mulai menjadi polemik.

"Wacana pembangunan tugu kuntilanak yang diajukan Pemerintah Provinsi Kalbar sah-sah saja. Itukan sebatas saran. Tapi secara pribadi saya tak setuju jika patung itu dibangun," kata Anggota DPRD Kota Pontianak Beby Nailufa, seperti diberitakan Rakyat Kalbar (Jawa Pos Group).

Tapi, kalau wacana tersebut bakal dianggap serius, maka sebelum itu direalisasikan dia meminta agar monumen itu benar-benar dikaji secara matang.

Karena menurutnya, cerita hantu kuntilanak hanya hikayat asal muasal nama Kota Pontianak. Jika sosok hantu sampai dibangunkan menjadi sebuah patung, tetap dirasakannya tidak elok.

"Perlu pertimbangan karena kita tidak ingin setelah patung itu dibangun justru banyak mudarat daripada manfaat. Kalau hanya mau menarik wisatawan tentu masih banyak ide lain yang bisa kita cari. Tak perlu sampai buat patung kuntilanak," terangnya.

Dia justru lebih mendukung jika pembenahan terhadap situs-situs wisata yang ada dulu. Seperti mempercantik keraton, Sungai Kapuas, Tugu Khatulistiwa, dan sejumlah tempat potensi lainnya.

"Kalau itu dilakukan, saya yakin Pontianak bisa menjadi magnet wisatawan. Dan saat ini upaya Pemerintah Kota Pontianak sudah mengarah ke sana, walaupun belum maksimal tapi bertahap dilakukan, perlu waktu," ujarnya.

Kalau masih ngotot mau tetap bangun tugu-tugu, Beby menyarankan sebaiknya buat lah tugu yang mengekspresikan atau berorientasikan kepada hal-hal baik. Seperti tugu ikan silok atau ikan arwana.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kalimantan Barat, Kartius, melontarkan wacana akan membangun monumen atau tugu kuntilanak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News