Tujuh Kecamatan Rawan Diterjang Puting Beliung

Tujuh Kecamatan Rawan Diterjang Puting Beliung
Tujuh Kecamatan Rawan Diterjang Puting Beliung

jpnn.com - SIDOARJO - Tujuh kecamatan berpotensi terkena puting beliung pada musim hujan. Selain puting beliung, bencana banjir, kebakaran, serta tanggul jebol juga masih mengancam Kota Delta. Ketujuh kecamatan itu Sedati, Waru, Krian, Wonoayu, Sukodono, Taman, dan Tanggulangin.

“Sidoarjo masuk dalam kawasan berpotensi bencana yang perlu mendapatkan perhatian,” ucap Wakil Bupati Sidoarjo MG Hadi Sutjipto dalam workshop kebencanaan di The Sun Hotel kemarin (18/11).

Wabup mengingatkan, Kabupaten Sidoarjo masuk dalam daerah yang memiliki tingkat kerawanan bencana yang tinggi. Dari 498 kabupaten/kota di tanah air, Sidoarjo masuk peringkat 298 yang berpotensi bencana. Karena itu, kewaspadaan sangat diperlukan dari semua stake holder.

“Ada atau tidak bencana tetap harus siap,” katanya.

Menurut dia, sejumlah bencana yang potensial mengancam Sidoarjo antara lain puting beliung, banjir, kebakaran, dan tanggul lumpur jebol.

“Khusus puting beliung biasanya terjadi di Sedati, Waru, Krian, Wonoayu, Sukodono, Taman dan Tanggulangin. Kawasan tersebut sering diserang puting beliung yang mengakibatkan kerusakan parah,” ungkapnya.

Sedangkan ancaman banjir, wabup menyebut sejumlah kawasan di Sidoarjo bagian utara. Kecamatan Waru dan Sedati beberapa waktu lalu terjadi banjir parah saat diguyur hujan deras. Karena itu, Sutjipto meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sidoarjo tanggap dan mengantisipasi potensi bencana alam. Apalagi, sudah ada anggaran tak tak terduga di Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan, dan Aset (DPPKA).

Kepala Pelaksana BPBD Sidoarjo Dwijo Prawito mengatakan, pihaknya sudah melakukan antisipasi bencana alam. Ini menjadi priorotas lembaganya.

SIDOARJO - Tujuh kecamatan berpotensi terkena puting beliung pada musim hujan. Selain puting beliung, bencana banjir, kebakaran, serta tanggul jebol

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News