Tukang Es Temukan Uang Palsu Rp200 Juta

Tukang Es Temukan Uang Palsu Rp200 Juta
Tukang Es Temukan Uang Palsu Rp200 Juta

jpnn.com - CIREBON - Buang Budianto (57), warga Cangkol Kelurahan Lemahwungkuk Kota Cirebon,  menemukan uang palsu (upal) pecahan 100 ribuan sekitar Rp200 juta tersimpan dalam dua map coklat yang tergeletak begitu saja di halaman Kantor Pemeriksaan dan Penyidikan Pajak Cirebon Kanwil DJP Jabar II, di Jl Yos Sudarso, Selasa (29/4) sekitar pukul 10.00.

Pria penjual es itu mengaku tidak mengetahui pasti kapan bungkusan yang berisi upal tersebut ada di tempat itu. Namun Buang menduga pelaku membuang bungkusan tersebut malam hari sebelumnya.

Pasalnya saat ia membersihkan halaman gedung sehari sebelumnya tidak melihat ada bungkusan tersebut.

"Saat itu saya sedang menyapu, ketika saya temukan langsung dilaporkan ke security Bank Indonesia. Selanjutnya saya tidak mengetahuinya.  Namun dari keterangan security bank informasinya jumlah uang palsu itu Rp200 juta," bebernya kemarin.

Kasat Reskrim Polres Cirebon Kota AKP Hidayatullah SIK mengatakan, dengan temuan tersebut pihaknya akan melakukan penyelidikan terkait bahan ataupun material upal. "Upalnya sudah mendekati identik dengan yang asli," katanya.

Namun ia menyayangkan tempat kejadian perkara (TKP) telah rusak karena barang bukti sudah diamankan ke kantor Bank Indonesia oleh security bank. "Untuk ke depannya kita minta kepada semua warga untuk mengamankan ataupun menjaga TKP tetap steril, sampai petugas identifikasi datang untuk memudahkan pengungkapan kasus," jelasnya.

Hidayatullah menduga pelaku masih melakukan scaning atupun sampling karena nomor seri uang palsu tersebut semuanya sama yakni AAP 104209. Dari hasil pengamatan yang dilakukan pihak Polres Cirebon, material upal baik itu tinta, kertas atau printer yang digunakan pelaku diduga merupakan produk lokal.

"Semua kemungkinan masih kita pelajari, sekarang kita sedang menunggu proses penyelidikan dengan mempelajari rekaman cctv Bank Indonesia dan sidik jari yang ada pada lembaran upal," katanya.

CIREBON - Buang Budianto (57), warga Cangkol Kelurahan Lemahwungkuk Kota Cirebon,  menemukan uang palsu (upal) pecahan 100 ribuan sekitar Rp200

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News