Tukang Sampah Temukan Uang Rp 5 Miliar di Pembuangan

Tukang Sampah Temukan Uang Rp 5 Miliar di Pembuangan
Ilustrasi. Foto: AFP

jpnn.com - Reputasi Jepang sebagai bangsa yang jujur masih terjaga. Selasa (4/4) kemarin, seorang tukang sampah melaporkan penemuan uang tunai senilai JPY 42,5 juta atau senilai IDR 5 miliar.

Telegraph edisi Kamis (6/4) melansir, tukang sampah ini menemukan uang tersebut di pembuangan sampah sebuah pabrik di Kota Numata, Jepang tengah.

Dia lalu melaporkannya ke pihak kepolisian. Polisi lalu melabeli kasus ini sebagai properti yang hilang.

Pengumuman pun sudah dibuat. Barang siapa yang merasa kehilangan uang sekitar Rp 5 miliar, silakan datang ke kantor polisi. Dengan bukti yang meyakinkan.

Hukum di Jepang, siapa saja yang menemukan uang dan menyerahkannya ke polisi berhak mendapatkan hadiah sebesar lima sampai 20 persen dari nilai total uang tersebut. Jika dalam tiga bulan uang tersebut tidak jelas tuannya, maka yang menemukan berhak menyimpan uang tersebut.

Di Jepang, penemuan barang berharga, khususnya uang dalam jumlah besar di tempat sampah, bukan lagi hal yang aneh. Pada akhir 2012, sisa-sisa uang kertas dengan nilai total sekitar Rp 1,2 miliar ditemukan di mesin penghancur sampah di Hiroshima.

Beberapa tahun sebelumnya, karyawan di sebuah fasilitas pengolahan sampah di Prefektur Gifu menemukan uang kertas dan logam senilai Rp 825 juta dalam kondisi rusak. (adk/jpnn)

 


Reputasi Jepang sebagai bangsa yang jujur masih terjaga. Selasa (4/4) kemarin, seorang tukang sampah melaporkan penemuan uang tunai senilai JPY 42,5


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News