Tumbuh Lambat Asal Aman

BI Naikkan Bunga Untuk Rem Impor

Tumbuh Lambat Asal Aman
Tumbuh Lambat Asal Aman

jpnn.com - JAKARTA -  Kondisi ekonomi Indonesia saat ini ibarat buah simalakama. Jika pertumbuhan ekonomi didorong, maka impor akan makin tinggi sehingga defisit transaksi berjalan kian membengkak. Namun, jika BI rate dinaikkan untuk meredam defisit transaksi berjalan, pertumbuhan ekonomi akan terhambat.

 

Wakil Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro menyadari hal tersebut. Karena itu, meski mengakui bahwa defisit transaksi berjalan harus diatasi, pemerintah tetap berkeinginan menjaga laju pertumbuhan ekonomi agar tidak jatuh. "Kita akan coba netralisir dampak naiknya BI Rate pada perekonomian," ujarnya di Jakarta kemarin (12/11).
        
Apa jurus pemerintah? Bambang menyebut, pemerintah kini menyiapkan dua paket kebijakan untuk tetap menyokong ekonomi. Paket pertama terkait neraca dagang rencananya akan dikeluarkan bulan November ini. Sedangkan paket ke dua terkait investasi akan dirilis Desember mendatang.

"Memang, tidak ada solusi jangka pendek untuk mengatasi masalah ini. Kecuali, belanja modal kita tingkatkan dan daya beli masyarakat kita jaga," katanya.
        
Sementara sebelum kebijakan-kebijakan stimulus itu dirilis, Bank Indonesia (BI) kembali menaikkan tingkat suku bunga acuan (BI rate) sebesar 0,25 basis poin (bps) ke posisi 7,5 persen. Sehingga, sejak enam bulan ini, Otoritas Moneter tersebut telah menaikkan BI rate total sebesar 175 bps atau 1,75 persen.
                
Direktur Eksekutif Departemen Bank Indonesia Difi A. Johansyah mengatakan, Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI memutuskan untuk mengerek BI rate, lantaran defisit transaksi berjalan yang dipicu oleh impor di tengah risiko ketidakpastian global ini masih lebar.

"Karena itu, untuk memastikan  defisit transaksi berjalan turun ke tingkat yang lebih sehat, serta inflasi yang terkendali pada 2014, keputusan ini diambil untuk mendukung kesinambungan pertumbuhan ekonomi," ungkapnya di gedung BI, kemarin (12/11).
                
Selain meningkatkan BI rate, lending facility rate juga dikerek dari 7,25 persen menjadi 7,5 persen. RDG yang dipimpin oleh Agus Martowardojo tersebut juga memutuskan untuk menaikkan fasilitas simpanan Bank Indonesia (Fasbi) rate sebesar 25 bps dari 5,5 persen menjadi 5,75 persen.
                
Difi memaparkan, ekonomi global yang masih dibayangi risiko ketidakpastian yang tinggi tersebut masih mengiringi performa yang kurang baik pada fundamental ekonomi RI. Misalnya, defisit  balance of payment atau Neraca Pembayaran Indonesia (NPI) pada triwulan ketiga 2013 yang masih mengalami tekanan defisit.

Namun demikian, diharapkan defisit ini akan mengecil searah dengan sedikit perbaikan current account deficit atau defisit transaksi berjalan.
             
Tercatat, defisit Neraca Transaksi Berjalan diperkirakan menurun menjadi USD 8,4 miliar pada triwulan ketiga 2013, dibandingkan dengan triwulan dua 2013 yang hampir USD 10,0 miliar. Perbaikan tersebut terutama tejadi pada surplus neraca perdagangan komoditas non-migas (fob), lantaran menurunnya impor non-migas.  
         
Turunnya impor non migas ini karena melambatnya permintaan dalam negeri yang tertekan suku bunga tinggi. Tak hanya itu, defisit neraca jasa dan neraca pendapatan juga mengecil.

"Yang harus diwaspadai adalah impor migas yang masih tinggi karena untuk konsumsi. Padahal produksi migas dalam negeri menurun," paparnya.
         
Naiknya tingkat suku bunga ini sebetulnya telah diproyeksi oleh para ekonom. Chief Economist PT Bank Mandiri (persero) Tbk Destry Damayanti mengatakan, kenaikan BI rate tersebut merupakan respons BI untuk menekan pertumbuhan kredit. Sebab, kata Destri, pertumbuhan kredit saat ini dinilai masih tinggi.

Dengan kenaikan BI rate, BI bisa berkonsentrasi mengurangi impor dan menekan defisit neraca transaksi berjalan. "Kenaikan BI rate ini mencerminkan BI masih berkonsentrasi untuk menyeimbangkan sektor eksternal," ungkap Destri.
         
Selain itu, kenaikan lending facility rate sebesar 25 bps juga mencerminkan bahwa BI menghendaki industri perbankan nasional tidak agresif menyalurkan kreditnya. Karena pada dasarnya, lending facility rate  diberikan BI untuk perbankan yang mengalami kekurangan likuiditas.

JAKARTA -  Kondisi ekonomi Indonesia saat ini ibarat buah simalakama. Jika pertumbuhan ekonomi didorong, maka impor akan makin tinggi sehingga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News