Tuntas 100 Persen, Soal USBN Sudah Dikarantina

Tuntas 100 Persen, Soal USBN Sudah Dikarantina
Mendikbud Muhadjir Effendy. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Materi soal ujian sekolah berstandar nasional (USBN) sudah tuntas 100 persen. Saat ini guru-guru sudah mendeposit soal dan mengamankannya lewat karantina.

"Soal USBN yang disusun Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) sudah selesai. Materinya disusun berdasarkan masing-masing zona yang ada MGMP. Hal ini meminimalisasi kecurangan," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, Minggu (19/3).

Dia optimistis, kecurangan UN 2017 akan turun. Mengingat materi soal sudah ditangani MGMP. Selain itu ada pengawasan melekat dari Ombudsman RI dan Lemsaneg.

"Materi soal USBN bisa ditukar dengan sekolah lain di masing-masing zona yang ada MGMP-nya. Karena yang susun guru-guru di MGMP otomatis semuanya sudah tahu apa saja yang harus diajarkan ke siswa, jadi sangat aneh bila masih ada kecurangan," ujarnya.(esy/jpnn)


Materi soal ujian sekolah berstandar nasional (USBN) sudah tuntas 100 persen. Saat ini guru-guru sudah mendeposit soal dan mengamankannya lewat karantina.


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News