Tuntutan Perluas Akses Vaksin

Tuntutan Perluas Akses Vaksin
Tuntutan Perluas Akses Vaksin
JAKARTA - Momentum peringatan hari Hepatitis sedunia yang jatuh kemarin (28/7) dijadikan evaluasi vaksinasi di Indonesia. Seperti diketahui, selama ini upaya pencegahan terhadap serangan Hepatitis dilakukan dengna pemberian vaksin. Tuntutan terbukanya akses vaksin diantaranya disuarakan dalam Asian Vaccine Conference (ASVAC) di Jakarta.

Dalam forum yang digagas Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dan Philippine Foundation for Vaccination tersebut, dirumuskan jika masyarakat di seluruh Asia harus memiliki akses yang sama untuk mendapatkan vaksin. Ketua Umum IDAI Badriul Hegar menjelaskan, kebijakan tentang perluasan akses vaksin di Indonesia berkaitan dengan kebijakan pemerintah.

Dia menuturkan, jika vaksin ini hak seluruh rakyat yang diakomodir oleh Kementerian Kesehatan. "Harus ada suara kuat untuk memperjuangkan akses pemberian vaksin," jelasnya. Badriul memfokuskan pemberian vaksin kepada anak-anak. IDAI memiliki harapan jika seluruh anak di Indonesia dapat lahir dan berkembangan dengan sehat. Harapan anak untuk hidup sehat tersebut, diantaranya terlindungi dari ancaman serangan Hepatitis.

Pentus ASVAC Lulu C. Bravo menuturkan, upaya untuk memperluas vaksinasi adalah dengan penguatan program imunisasi hingga ke pelosok desa. Selain itu, idealnya pemberian vaksin ini dilakukan secara gratis. "Sehingga masyarakat tidak terbebani urusan biaya vaksin," ujar professor asal Thailand itu.

JAKARTA - Momentum peringatan hari Hepatitis sedunia yang jatuh kemarin (28/7) dijadikan evaluasi vaksinasi di Indonesia. Seperti diketahui, selama

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News