Turut Padamkan Kebakaran di Gedung Kejagung, Tim Damkar Pertamina Patut Dicontoh

Turut Padamkan Kebakaran di Gedung Kejagung, Tim Damkar Pertamina Patut Dicontoh
Kebakaran yang melanda Gedung Kejagung di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (22/8). Foto: Twitter/BPBDJakarta

jpnn.com, JAKARTA - Sosiolog Universitas Indonesia, Imam B. Prasodjo menyoroti keterlibatan tim Damkar Pertamina dalam memadamkan kebakaran Gedung Kejaksaan Agung pada Sabtu (22/8) malam.

Menurut Imam, keterlibatan tim Damkar Pertamina tersebut bisa menjadi contoh bagi perusahaan lain dalam penanggulangan bencana. Terlebih, upaya tersebut dilakukan melalui koordinasi dengan instansi terkait.

“Koordinasi Tim Damkar Pertamina dengan Tim Damkar Pemprov DKI Jakarta itu sangat bagus sekali. Kejadian ini merupakan contoh yang baik di mana pihak swasta bisa ikut serta dalam penanganan bencana,” kata Imam, Minggu (23/8).

Dalam menghadapi bencana sambung Imam, sebaiknya ada koordinasi dengan berbagai pihak, termasuk perusahaan BUMN. Koordinasi ini sangat penting guna membantu ketersediaan alat-alat yang dibutuhkan dalam mengatasi bencana. Namun hal terpenting, kata Imam, harus ada simpul kordinasi di antara seluruh pihak.

“Kalau bisa kordinasinya dilakukan sebelum ada bencana. Jangan hanya ketika terjadi bencana saja. Dari jauh-jauh hari semua potensi harus berkordinasi dalam penanganan bencana atau free distarter management,” jelas Imam.

Karena itu, Imam memberikan apresiasi dengan apa yang dilakukan Pertamina yang terlibat dalam penanganan kebakaran di Gedung Kejaksaan Agung. Imam berharap ke depan apa yang telah dilakukan oleh perusahaan plat merah ini bisa menjadi contoh bagi perusahaan lainnya.

Terpisah, anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PAN Oman Rohman Rakinda ikut memberikan apresiasi kepada tim Damkar Pertamina dan seluruh pihak yang ikut membantu mengatasi kebakaran di Kejaksaan Agung.

“Kami apresiasi kerja keras tim damkar, termasuk dukungan Pertamina, untuk menanggulangi kebakaran di Kejaksaan Agung. Dengan sigap dan cepat menangani kebakaran. Ini menunjukan Damkar kita tangguh,” puji Oman.(chi/jpnn)

Tim Damkar Pertamina yang ikut membantu padamkan kebakaran di Gedung Kejagung mendapat apresiasi.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News