Tutup Pameran Kuliner, Kiai Ma'ruf Serukan Halal is My Life

Tutup Pameran Kuliner, Kiai Ma'ruf Serukan Halal is My Life
KH Ma'ruf Amin saat menutup Jogja Halal Fest 2018 di JEC, Sleman, DIY, Minggu (14/10) malam. Foto: M Kusdharmadi/JPNN.Com

jpnn.com, SLEMAN - Calon Wakil Presiden (Cawapres) KH Ma’ruf Amin menyerukan pentingnya mengonsumsi makanan dan minuman halal sebagai gaya hidup. Menurutnya, kini pentingnya makanan dan minuman halal bukan sekadar jadi perbincangan di Indonesia ataupun negara-negara Islam, tapi sudah menjadi isu global.

Berbicara pada acara penutupan Jogja Halal Fest 2018 di JEC, Sleman, Yogyakarta, Minggu (14/10) malam, Kiai Ma’ruf mengatakan, halal semula dimaksudkan untuk perlindungan bagi umat Islam agar terhindar dari makan dan minuman haram. Menurutnya, mengonsumsi makanan dan minuman halal merupakan perintah agama.

Namun, tutur Kiai Ma'ruf, sekarang ini halal tidak hanya menyangkut persoalan makanan dan perlindungan umat. "Tapi berkembang menjadi arena dan wilayah bisnis di seluruh dunia. Halal bukan hanya di Indonesia, tapi sudah menjadi isu global," ujarnya saat menutup pameran kuliner itu.

Ketua umum nonaktif di Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu menambahkan, Indonesia harus terdepan dalam mengembangkan produk halal. Sebab, negara-negara dengan penduduk mayoritas nonmuslim pun kini sudah mengembangkan produk halal.

Kiai Ma'ruf lantas menceritakan pengalamannya saat sebagai ketua umum MUI mengunjungi Korea Selatan. Menurutnya, Negeri Gingseng itu juga mengembangkan produk halal.

Bahkan, Korea Selatan sangat serius dalam menggarap produk halal. Ma’ruf mengaku pernah diundang ke Naminara Island di Korsel untuk berbicara soal produk halal.

"Sampai disambut spanduk welcome chairman MUI, Kiai Ma'ruf Amin. Saya di Indonesia tidak pernah di-welcome-welcome. Tapi gara-gara halal, sampai di Korea saya di-welcome-welcome," kata Kiai Ma'ruf. 

Oleh karena itu Kiai Ma’ruf mengajak masyarakat menjadikan halal sebagai gaya hidup. Cicit Syekh An Nawawi Al Bantani itu menegaskan, halal harus bisa menjadi bagian kehidupan sehari-hari.

KH Ma’ruf Amin menyerukan pentingnya mengonsumsi makanan dan minuman halal sebagai gaya hidup. Menurutnya, halal sudah menjadi bagian dari industri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News