Tutup Seluruh Tempat Pembuangan Sampah Liar

Tutup Seluruh Tempat Pembuangan Sampah Liar
Tutup Seluruh Tempat Pembuangan Sampah Liar

jpnn.com - JAKARTA UTARA - Usaha untuk membersihkan lingkungan memang tidak mudah. Meski diimbau berulang-ulang untuk tidak membuang sampah di sembarang tempat, hingga kini masih banyak masyarakat yang tidak tertib.

Mereka nekat membuang sampah di tempat-tempat yang seharusnya tidak dijadikan tempat sampah atau tempat pembuangan sampah (TPS) liar. Bahkan, tidak sedikit warga yang berani membuang sampah ke kali. Padahal, tindakan tersebut jelas-jelas dapat mengancam keselamatan mereka.

Karena itu, Pemkot Jakarta Utara melalui Suku Dinas (Sudin) Kebersihan Jakarta Utara akan menutup seluruh TPS liar. Kepala Sudin Kebersihan Jakarta Utara Zainuri menjelaskan bahwa pihaknya sudah sering menyosialisasikan pengelolaan sampah kepada warga. Namun, kesadaran masyarakat yang masih minim merupakan masalah yang harus segera diselesaikan.

Karena itu, Zainuri meminta seluruh pimpinan kelurahan agar terjun langsung mengarahkan warga. Dengan begitu, dia berharap warga bisa lebih paham mengenai pentingnya menjaga lingkungan dari sampah.

Bukan hanya itu, pihaknya mengaku sudah meminta seluruh pimpinan kelurahan agar menutup seluruh TPS liar di wilayah mereka. Penutupan TPS liar tersebut tentu dibarengi dengan upaya pencegahan. Yakni, menyiapkan tempat pembuangan sampah khusus yang mudah dijangkau dan mampu menampung seluruh sampah warga setiap hari.

Salah satu TPS liar yang baru-baru ini ditutup adalah TPS liar di Jalan Semper Baru, Kelurahan Semper Barat, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara. Menurut Lurah Semper Barat Muhammad Iqbal, TPS tersebut sudah sepuluh tahun dibiarkan dan tidak ditutup. Padahal, letaknya persis berada di pinggir jalan raya. (syn/c15/tia)


JAKARTA UTARA - Usaha untuk membersihkan lingkungan memang tidak mudah. Meski diimbau berulang-ulang untuk tidak membuang sampah di sembarang tempat,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News