Uang Masuk SMPN Hingga Rp5 Juta

Uang Masuk SMPN Hingga Rp5 Juta
Uang Masuk SMPN Hingga Rp5 Juta
PONTIANAK - Biaya masuk pertama kali ke SMPN 3 Pontianak, yang disebut sebagai uang partisipasi, mencapai Rp5 juta per siswa. Ketua Komite SMPN 3 Pontianak Alamsyah HB menjelaskan, memang kategori uang partisipasi terbagi tiga yakni Rp5 juta, Rp4 juta, dan Rp3 juta. Meski demikian, bagi siswa dari keluarga tidak mampu dijanjikan akan bebas dari uang partisipasi.

“Bagi yang tidak mampu akan dibebaskan biaya. Siswa dari keluarga tidak mampu juga berhak mendapat pendidikan dan fasilitas yang sama,” ujar Alamsyah HB, yang sudah 15 tahun menjadi komite SMPN 3 itu, kemarin.

Dijelaskan, dalam waktu dekat ini, pihak sekolah akan mengundang dewan, Dinas Pendidikan, komite, dan orangtua siswa untuk membicarakan uang partisipasi. Pengambilan uang partisipasi ini sesuai dengan petunjuk Dirjen dan ada standar jelas yakni biaya operasional per siswanya sebesar Rp5 juta setahun.

Menanggapi besarnya uang partisipasi itu, Wali Kota Pontianak Sutarmidji mengatakan, tidak ada masalah di SMPN 3 tersebut. "Pemeriksaan sudah dilakukan terhadap proses penerimaan siswa baru di SMPN 3. Hasilnya, semuanya sesuai dengan prosedur. Hanya saja tahun depan sistem penerimaannya sebagai sekolah bertaraf internasional, yakni langsung diumumkan saat itu juga sehingga sangat transparan,” ujar Sutarmidji seusai bertemu pihak sekolah dan komite SMPN 3.

PONTIANAK - Biaya masuk pertama kali ke SMPN 3 Pontianak, yang disebut sebagai uang partisipasi, mencapai Rp5 juta per siswa. Ketua Komite SMPN 3

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News