Ucapan Selamat dari Bekas Koloni

Ucapan Selamat dari Bekas Koloni
PRESTASI - Pelatih Vicente Del Bosque saat mengangkat trofi di antara skuadnya yang bergembira. Foto: Paul Gilham/Getty Images/FIFA.com.
DI masa kolonial, Spanyol mengembangkan kekuasannya sampai ke Amerika Tengah dan Selatan. Meski sudah merdeka, banyak negara di Amerika Latin yang menaruh respek kepada Spanyol. Tak heran, ketika Iker Casillas dkk sukses meraih mahkota juara dunia, ucapan selamat mengalir dari negara-negara bekas koloni tersebut.

Presiden Argentina, Cristina Fernandez de Kirchner, bahkan menelepon langsung Raja Juan Carlos untuk menyampaikan selamat.  "Saya sangat gembira Spanyol memenangkan gelar juara dunia untuk kali pertama," kata Presiden Fernandez, seperti dilansir Associated Press.

"Saya merasa terlibat langsung dengan kegembiraan mereka, karena nenek moyang saya berasal dari Spanyol. Empat kakek-nenek saya semua dari Spanyol," jelas presiden wanita itu.

Sementara itu, publik Kuba memberikan selamat melalui surat kabar terbesarnya, Granma. "Spanyol menaklukkan dunia," demikian judul headline harian nasional itu. Pemerintah Kolombia juga menyampaikan selamat melalui Kedutaan Besar di Madrid.

DI masa kolonial, Spanyol mengembangkan kekuasannya sampai ke Amerika Tengah dan Selatan. Meski sudah merdeka, banyak negara di Amerika Latin yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News