UEA Bakal Jadi Arab Pertama di Mars

UEA Bakal Jadi Arab Pertama di Mars
Uni Emirat Arab (UEA) sukses meluncurkan misi pertamanya ke Mars, Senin (20/7)

jpnn.com, ABU DHABI - Uni Emirat Arab (UEA) sukses meluncurkan misi pertamanya ke Mars, Senin (20/7). Roket Harapan meluncur dari Pusat Antariksa Tanegashima Jepang pada pukul 01.58 waktu UEA.

Misi menempuh perjalanan selama tujuh jam menuju Mars, tempat roket itu akan mengorbit dan mengirimkan data menyangkut atmosfir.

Misi pertama Arab ke planet merah itu pada awalnya direncanakan diluncurkan 14 Juli, tetapi mengalami penundaan karena cuaca buruk.

Setelah sedikit lebih dari satu jam setelah diluncurkan, roket itu mengeluarkan panel-panel tenaga surya untuk menggerakkan sistem roket dan membentuk komunikasi radio dengan misi di Bumi.

Saat ini, ada delapan misi aktif yang sedang menjelajahi Mars.

Beberapa misi mengitari planet tersebut, sementara sejumlah lainnya telah mendarat di permukaan Mars. Tiongkok dan Amerika Serikat masing-masing berencana mengirim misi tahun ini.

Menteri Ilmu Pengetahuan Tinggi Sarah Amiri mengatakan, misi Mars Emirat menghabiskan biaya USD 200 juta (sekitar Rp 2,9 triliun). Misi tersebut dibentuk untuk memberikan gambaran lengkap atmosfir Mars untuk pertama kalinya, juga mempelajari perubahan setiap hari dan musiman.

UEA pertama kali mengumumkan misi itu pada 2014 dan meluncurkan Program Antariksa Nasional pada 2017 untuk membangun keahlian warganya.

Uni Emirat Arab (UAE) meluncurkan misi pertamanya ke Mars, Senin (20/7). Roket Harapan meluncur dari Pusat Antariksa Tanegashima Jepang pada pukul 01.58 waktu UAE

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News