Senin, 25 Juni 2018 – 16:57 WIB

Ujian Nasional Mulai 2 April 2018, Ini Informasi Lengkapnya

Rabu, 14 Maret 2018 – 08:52 WIB
Ujian Nasional Mulai 2 April 2018, Ini Informasi Lengkapnya - JPNN.COM

Siswa mengikuti Ujian Nasional. Ilustrasi Foto: JPG/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) akan dimulai tanggal 2 April 2018. Minggu pertama ujian untuk SMK, minggu kedua untuk SMA, sedangkan UN bagi SMP akan digelar pada minggu keempat.

Setelah UN, siswa juga akan mengikuti Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) yang akan dilaksanakan dan diatur oleh masing-masing sekolah.

Semua mata pelajaran (mapel) diujikan termasuk yang sudah diujikan dalam UN. ”Memang ini lebih berat, tapi sekarang kondisi sudah kondusif,” jelas Bambang Suryadi, Kepala Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) di Kemendikbud kemarin (13/3).

Untuk SMK, mata pelajaran (mapel) yang akan diujikan adalah Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan teori kejuruan.

Berbeda dari tahun sebelumnya, komposisi mata ujian ini lebih sedikit. Tahun lalu, praktek kejuruan juga diujikan. Tahun ini, hanya mapel teori kejuruan saja.

Namun, kata Bambang ini bukan berarti pemerintah menganggap mapel praktik kejuruan ini tidak penting. Namun, ujian kompetensi ini akan dilakukan bersamaan dengan sertifikasi kompetensi oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP).

”Minimal LSP 1 melibatkan assesor, dunia usaha dan industri,” kata Bambang kemarin (13/3)

Sementara untuk SMA, tidak banyak berubah. Mapel yang diujikan adalah Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan satu Mapel pilihan sesuai dengan jurusan yang diambil siswa.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar