Ukraina Menderita, Korsel Setop Ekspor ke Sekutu Rusia Ini

Ukraina Menderita, Korsel Setop Ekspor ke Sekutu Rusia Ini
Sistem rudal Smerch milik angkatan bersenjata Belarus, kini senjata canggih itu juga digunakan Rusia untuk menggempur Ukraina. Foto: VIKTOR DRACHEV / AFP

jpnn.com, SEOUL - Korea Selatan akan menerapkan pengendalian ekspor terhadap Belarus karena negara itu secara efektif mendukung invasi Rusia di Ukraina, kata menteri luar negeri negara tersebut pada Minggu.

Kementerian tidak memberikan detail lebih lanjut terkait langkah apa saja yang akan diambil, namun mengatakan kebijakan tersebut akan diterapkan dalam cara yang mirip dengan apa yang telah diberlakukan Korea Selatan terhadap Rusia.

Seoul mengutuk Moskow dan menyebut Rusia telah melakukan “invasi bersenjata” ke Ukraina.

Korsel pada Februari mengatakan akan memperketat kontrol ekspor terhadap Rusia dengan melarang pengiriman barang-barang strategis. 

Korsel juga bergabung dengan negara-negara Barat untuk menutup akses sejumlah bank Rusia dari sistem pembayaran internasional SWIFT.

“Pemerintah Korea memutuskan hari ini untuk mengimplementasikan kebijakan pengendalian ekspor terhadap Belarus, mengingat Belarus secara efektif mendukung invasi Rusia atas Ukraina,” demikian dinyatakan kementerian luar negeri.

Rusia menyebut tindakannya di Ukraina sebagai “operasi khusus”.

Pada Februari, Duta Besar Rusia untuk Korsel Andrey Kulik menyesalkan sanksi-sanksi yang diberlakukan Korsel.

Korsel juga bergabung dengan negara-negara Barat untuk menutup akses sejumlah bank Rusia dari sistem pembayaran internasional SWIFT

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News