Ukur Reformasi Birokrasi, Disiapkan Sistem Evaluasi

Ukur Reformasi Birokrasi, Disiapkan Sistem Evaluasi
Ukur Reformasi Birokrasi, Disiapkan Sistem Evaluasi
JAKARTA- Kementerian PAN&RB saat ini tengah menyiapkan sistem evaluasi nasional untuk mengukur keberhasilan reformasi birokrasi, baik di pemerintahan pusat maupun di tingkat daerah. Sistem ini sebagai menyempurnaan karena sebelumnya pengukuran masih bersifat parsial sehingga evaluasinya menjadi beragam.

"Pemerintah sedang menggodok sistem evaluasinya. Jadi bukan hanya jadi patokan penilaian reformasi birokrasi di Kementerian PAN&RB saja, tapi menyeluruh. Baik instansi pusat maupun daerah," ungkap Menteri Negara PAN&RB, EE Mangindaan kepada JPNN di kantornya, Rabu (7/7).

Mekanismenya seperti apa, menurut Mangindaan, dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap desain awal untuk memastikan program yang telah disusun. Selanjutnya memperkuat dan mempertajam serta memperluas cakupan reformasi birokrasi.

"Harus ada sistem evaluasi nasional, karena dari pelaksanaan reformasi gelombang pertama jauh dari harapan. Karena lebih fokus pada keuangan, sedangkan pemerintahan tidak jalan," tuturnya.

JAKARTA- Kementerian PAN&RB saat ini tengah menyiapkan sistem evaluasi nasional untuk mengukur keberhasilan reformasi birokrasi, baik di pemerintahan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News