Ulat Bulu Belum Ancam Pangan

Ulat Bulu Belum Ancam Pangan
Ulat Bulu Belum Ancam Pangan
JAKARTA - Serangan ribuan ulat bulu di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat, hingga saat ini belum mengancam kondisi pangan nasional. Oleh karena itu, masyarakat diminta tidak terlalu panik.

Menteri Pertanian (Mentan) Suswono bahkan sudah menerjunkan tiga peneliti ke lapangan. Mereka adalah Deciyanto Soetopo, peneliti utama Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian; Agus Kardinan, peneliti dari Balai Penelitian Tanaman Obat dan Aromatik; dan  I Wayan Laba, entomologist Balai Penelitian Tanaman Obat dan Aromatik.

Suswono mengatakan, belum terancamnya pangan nasional karena ulat bulu tidak menyerang tanaman padi dan jagung. "Di samping itu, tanaman-tanaman yang diserang ulat bulu tak mati atau dapat hidup kembali,"kata Suswono  dalam jumpa pers di gedung Kementerin Pertanian, Jakarta, Jumat  (8/4).

Berdasarkan kondisi di lapangan, kata Suswono, jenis ulat bulu yang menyerang Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat, berbeda di setiap lokasi. Di Banyuwangi ulat bulu menyerang tanaman mindi, di Jombang tanaman asem, dan Probolinggo pohon mangga. "Di Kabupaten Bekasi, Jabar, ulat ditemukan di tanaman alpukat,"tandasnya.

JAKARTA - Serangan ribuan ulat bulu di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat, hingga saat ini belum mengancam kondisi pangan nasional. Oleh karena

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News