UN Environment Apresiasi Pengelolan Sampah di Indonesia

UN Environment Apresiasi Pengelolan Sampah di Indonesia
Dirjen PSLB3 KLHK Rosa Vivien Ratnawati dan Direktur Regional UN Environment untuk wilayah Asia Pasifik, Dechen Tsering. Foto: Humas KLHK

jpnn.com, SURABAYA - Direktur Regional UN Environment untuk wilayah Asia Pasifik, Dechen Tsering, mengungkapkan hidup di Indonesia adalah sebuah keberuntungan. Itu disampaikannya saat  berkunjung ke Surabaya pada Rabu (9/1) untuk melihat pengelolaan sampah

Menurut Dechen, hal itu didasari bahwa Indonesia memiliki kapasitas kepemimpinan yang bagus. Dechen melanjutkan, Indonesia memiliki pemimpin yang memikirkan dengan serius arah dan tujuan negara.

"Kalian beruntung menjadi warga Indonesia.", ucapnya.

Secara khusus, Dechen menyebut Menteri LHK, Siti Nurbaya telah bekerja secara bijaksana dan selalu memikirkan solusi dari suatu persoalan yang dapat berjalan dengan baik untuk masyarakat, dunia usaha dan tentunya solusi tersebut bisa berkelanjutan.

Dechen juga menyoal terkait sampah laut, dirinya berujar bahwa sebagian besar sampah laut berasal dari Asia Tenggara.

Dia juga menyadari bahwa Indonesia dan negara lainnya di Asia Tenggara tengah berupaya keras untuk menangani permasalahan ini.

"Terkait sampah laut, kita sudah bisa melihat awareness, kebijakan, peraturan dan pelaksanaannya.", Dechen menerangkan.

Salah satu upaya dalam pencegahan timbulnya sampah laut, Indonesia dan UN Environment berencana membuat Pusat Peningkatan Kapasitas Inisiatif Regional dalam Perlindungan Lingkungan Laut dari Kegiatan Berbasis Daratan (Regional Center for Capacity Initiative to Protect Marine Environment from Land-based Activities).

Direktur Regional UN Environment untuk wilayah Asia Pasifik melakukan kunjungan ke Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News