JPNN.com

UN SMP, Masalah Sama seperti Tahun Lalu

Jumat, 12 April 2019 – 00:45 WIB UN SMP, Masalah Sama seperti Tahun Lalu - JPNN.com

jpnn.com, BATAM - Ujian nasional atau UN tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat akan dilaksanakan mulai 22-25 Apri mendatang. Sebagian besar sekolah sudah melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK).

Hanya saja, belum semua fasilitas komputer mencukupi, sehingga sejumlah sekolah terpaksa masih harus meminjam laptop milik orang tua siswa.

Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam Andi Agung menyebutkan, tahun ini sebanyak 16.901 siswa akan mengikuti UN. Sejauh ini, kata dia, persiapannya sudah berjalan 90 persen. Namun, khusus untuk UNBK, sejumlah sekolah masih meminjam laptop dari orangtua siswa karena keterbatasan komputer.

"Jadi masalahnya masih sama dengan tahun sebelumnya. Karena jumlah peserta lebih banyak, sedangkan alatnya (komputer, red) masih kurang," kata dia.

Sementara itu, untuk materi atau soal ujian nasional berbasis kertas dan pensil (UNKP) diperkirakan tiba di kantor Disdik Batam, Sekupang, Sabtu (20/4) mendatang. Materi soal, lanjutnya, sama dengan UNKP dan dikirim dari pusat. Nanti masing-masing sekolah akan menjemput soal ujian. Setelah itu soal akan dititipkan di Kantor Polsek terdekat dari sekolah.

BACA JUGA: Begini Modus Bocornya Soal UNBK SMA Mata Pelajaran Biologi

"Soal-soal ujian UNKP dititip di kantor Polsek. Pagi baru didistribusian ke sekolah sebelum ujian berlangsung," jelasnya.

Terkait listrik yang sering padam belakangan ini, Andi mengungkapkan sudah menyurati bright PLN Batam agar menjaga kelancaran selama ujian berlangsung. Ia berharap tidak ada gangguan listrik hingga ujian selesai.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...