UN Terapkan Indeks Integritas Sekolah

UN Terapkan Indeks Integritas Sekolah
UN Terapkan Indeks Integritas Sekolah

jpnn.com - DEPOK- Pelaksanaan ujian nasional (UN) yang jujur dan berkualitas akan mulai dilaksanakan tahun ini. Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Kabalitbang) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Furqon mengatakan, salah satu isu yang dibahas dalam rembuk nasional adalah pelaksanaan ujian nasional.

"Sesuai arahan Pak Menteri, UN 2015 harus jujur dan berkualitas. Itu sebabnya, meski UN tidak menentukan kelulusan, namun diharapkan hasil UN tetap baik dan semangat siswa mencapai kompetensi tetap tinggi," kata Furqon, Selasa (31/3).

Dia menambahkan, mulai tahun ini juga akan ada indeks integritas sekolah. Dengan begitu, nilai yang tinggi namun diraih dengan cara yang tidak jujur bisa diblacklist.

Adapun pelaksanaan UN dimulai akhir semester V atau awal semester VI. Peserta didik dengan nilai kompetensi kurang, lanjut Furqon, dapat memperoleh pembelajaran remedian dan mengikuti ujian perbaikan pada 2016.

"Rancangan kebijakan UN 2016 mencakup materi/kompetensi yang diujikan merupakan irisan standar isi antara kurikulum 2006 dan 2013," tegas Furqon. (esy/jpnn)

 

 

 

DEPOK- Pelaksanaan ujian nasional (UN) yang jujur dan berkualitas akan mulai dilaksanakan tahun ini. Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Kabalitbang)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News