UNBK, SMP tak Punya Komputer Bisa Pinjam ke SMA

UNBK, SMP tak Punya Komputer Bisa Pinjam ke SMA
Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengimbau pemerintah provinsi dan kabupaten/kota dapat bersinergi dalam pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2017.

“Jelang pelaksanaan UNBK, pemerintah provinsi dan kabupaten/kota kami harapkan saling bersinergi. Pemerintah daerah bisa mendorong sekolah untuk saling berbagi. SMP yang belum memiliki fasilitas komputer boleh meminta bantuan kepada SMA/SMK yang sudah memiliki fasilitas tersebut,” kata Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Kapuspendik) Kemendikbud, Nizam, Sabtu (4/2).

Imbauan tersebut pun diperkuat oleh I Wayan Koster, anggota Komisi X DPR, yang menyampaikan bahwa pemerintah provinsi dan kabupaten/kota bisa saling bersinergi.

Dalam penyelenggaraan UN, kata Wayan, bisa diselenggarakan dengan manajemen yang baik, sebagai upaya menghasilkan mutu yang baik.

“Di sinilah peran pemerintah, khususnya pemerintah provinsi dan kabupetan/kota. Kita harus memiliki pemahaman kebersamaan untuk memajukan penddikan nasional,” tuturnya.

‎Politikus PDIP ini menyatakan akan mendorong pemerintah daerah untuk melakukan koordinasi khusus untuk melakukan pemetaan sekolah yang belum dan sudah memiliki komputer.

Dengan pemetaan ini, sekolah yang belum memiliki fasilitas komputer bisa bersinergi dengan sekolah yang sudah memiliki fasilitas komputer.

“Saya juga akan mendorong agar pemerintah daerah agar menganggarkan untuk pengadaan fasilitas komputer di sekolah. Dengan ini harapannya di tahun 2018 semua sekolah di Bali sudah siap semua menyelenggarakan UNBK,” tegas Wayan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengimbau pemerintah provinsi dan kabupaten/kota dapat bersinergi dalam pelaksanaan Ujian Nasional

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News