Undangan dari 'Presiden Bharat' Menimbulkan Spekulasi Jika India Akan Mengubah Namanya

Undangan dari 'Presiden Bharat' Menimbulkan Spekulasi Jika India Akan Mengubah Namanya
Ada spekulasi jika pemerintah India akan mendorong supaya nama negaranya diubah menjadi Bharat. (AFP: Thilina Kaluthotag)

Apakah India mengubah namanya?

Selama beberapa hari ini beredar kabar kalau India akan mengubah namanya, mengikuti jejak Türkiye, yang dulu dikenal sebagai Turki.

Semuanya berawal dari dari surat undangan yang dikirim untuk makan malam di sela-sela KTT G20, yang menyebut Presiden India Droupadi Murmu sebagai "Presiden Bharat".

Jadi, apa arti Bharat dan mengapa undangan ini menimbulkan kecurigaan kalau India akan segera mengganti namanya?

Presiden Bharat

Surat undangan yang dikeluarkan oleh badan konstitusi India selalu menyebutkan nama India jika teks dalam isinya menggunakan bahasa Inggris, dan nama Bharat jika teksnya dalam bahasa Hindi.

Namun, surat undangan makan malam KTT G-20 tersebut ditulis dalam bahasa Inggris dengan menyebut Presiden Droupadi Murmu sebagai Presiden Bharat.

Baca Juga:

Seorang pejabat di kantor presiden mengatakan mereka tidak mau mengomentari masalah ini ketika ditanya kantor berita Reuters.

Mengingat ideologi nasionalis Hindu di era pemerintahan Perdana Menteri Narendra Modi sekarang ini, serta dorongannya untuk meningkatkan penggunaan bahasa Hindi, para kritikus pun angkat bicara.

Beredar spekulasi jika India akan mengubah nama negaranya, mengikuti jejak Türkiye baru-baru ini

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News