Uni Puan Akan Dianugerahi Bintang Kehormatan

Uni Puan Akan Dianugerahi Bintang Kehormatan
Ketua DPR Puan Maharani. Foto: Humas DPR RI.

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menganugerahkan tanda kehormatan kepada para menteri Kabinet Kerja pada Rabu (11/11/).

Ketua DPR RI Puan Maharani menjadi salah satu mantan menteri yang akan menerima penghargaan tersebut dari Kepala Negara.

Perempuan berdarah Minang ini akan menerima tanda kehormatan Bintang Mahaputra Adipradana atas jasa-jasanya sebagai Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan periode 2014-2019.

Selain itu, Uni Puan juga merupakan menteri koordinator termuda sepanjang sejarah kabinet pemerintahan Republik Indonesia.

Saat menjadi Menko PMK, Politisi PDI Perjuangan itu sesuai tugas yang menjadi ruang lingkupnya telah berhasil menurunkan angka kemiskinan menjadi yang terendah sepanjang sejarah Republik.

Kemudian, dia dinilai sukses dalam penyelenggaraan Asian Games 2018 dan Asian Para Games 2018, dan meningkatkan indeks pembangunan manusia (IPM) sehingga untuk pertama kalinya IPM Indonesia masuk kategori tinggi.

Uni Puan juga mendapat rekor MURI sebagai perempuan pertama sekaligus termuda yang menjadi menteri koordinator.

"Sesuai dengan Pasal 28 Ayat (2) Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2009, sebagai penghargaan atas jasa-jasanya yang luar biasa di berbagai bidang yang bermanfaat bagi kemajuan, kesejahteraan, serta kemakmuran bangsa dan negara," demikian tertulis dalam Piagam Tanda Kehormatan  dari Presiden Joko Widodo kepada Puan Maharani.

Uni Puan dinilai berhasil menurunkan angka kemiskinan menjadi yang terendah sepanjang sejarah Republik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News