Universitas Airlangga Kembangkan Bibit Vaksin Merah Putih, Menkes Budi Bangga

Universitas Airlangga Kembangkan Bibit Vaksin Merah Putih, Menkes Budi Bangga
Rektor Univesitas Airlangga Mohammad Nasih menyerahkan bibit Vaksin Merah Putih kepada Direktur PT Biotis Pharmaceutical FX Sudirman. Foto: Kemenkes

jpnn.com, JAKARTA - Rektor Universitas Airlangga Mohammad Nasih menyerahkan bibit Vaksin Merah Putih kepada Direktur PT Biotis Pharmaceutical FX Sudirman di Aula Gedung Garuda Mukti, Surabaya.

Hal ini menjadi pertanda kerja sama antara Universitas Airlangga dengan PT Biotis yang menjadi salah satu mitra untuk memproduksi Vaksin Merah Putih.

Pada kesempatan ini, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengaku bangga dan berterima kasih kepada Universitas Airlangga yang telah membuat bibit vaksin dalam negeri.

Perlu diketahui, Vaksin Merah Putih dikembangkan oleh peneliti Indonesia untuk memenuhi kebutuhan vaksin Covid-19.

Universitas Airlangga menjadi salah satu anggota konsorsium yang turut mengembangkan bibit vaksin dengan platform inactive virus.

Sebelumnya, bibit vaksin ini telah dilakukan uji praklinis tahap satu hingga tiga kepada hewan dengan hasil yang baik dan aman.

Kemudian, bibit vaksin ini akan mulai dilakukan uji klinis tahap pertama kepada 100 orang.

"Ini, kan, sudah lulus uji praklinis ke hewan, kalau bisa uji klinisnya mulai tahun ini untuk mengukur keamanannya," kata Menkes Budi, Selasa (9/11).

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengapresiasi Universitas Airlangga yang telah membuat bibit Vaksin Merah Putih.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News