JPNN.com

Universitas Sumatera Utara Raih Juara 1 Debat Konstitusi MPR

Kamis, 29 Agustus 2019 – 18:11 WIB Universitas Sumatera Utara Raih Juara 1 Debat Konstitusi MPR - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Universitas Sumatera Utara berhasil menjadi juara satu dalam Lomba Debat Konstitusi MPR. Mereka mengalahkan Universitas Andalas yang menjadi lawan debat pada babak final di Gedung Nusantara IV komplek Parlemen Jakarta, Rabu (28/8) malam.

Pokok perdebatan dalam babal final lomba debat konstitusi adalah presiden dan wakil presiden memegang jabatan selama tujuh tahun dan hanya satu kali masa jabatan.

Dalam debat itu, Universitas Sumatera Utara bersikap kontra terhadap wacana presiden dan wakil presiden hanya memegang jabatan 7 tahun dan satu kali masa jabatan. Mereka pun berhasil mempertahankan argumentasinya.

Tim Universitas Sumatera Utara dalam argumentasinya menegaskan sudah menjadi ketentuan dalam UUD NRI Tahun 1945 bahwa presiden dipilih secara langsung. Presiden dan wakil preiden memegang masa jabatan selama lima tahun dan dapat dipilih kembali untuk satu kali masa jabatan. Ini merupakan mekanisme yang ideal. Bila selama lima tahun pertama presiden dan wakil presiden kurang memuaskan maka rakyat akan menjatuhkan punishment untuk tidak memilih pada periode berikutnya.

Alasan lainnya adalah tidak ada urgensi untuk membatasi satu kali masa jabatan presiden. Masa jabatan selama tujuh tahun akan merugikan karena jika kinerja presiden tidak bagus rakyat harus menunggu selama 7 tahun untuk bisa mengganti presiden. Pembatasan satu kali masa jabatan bisa mengurangi motivasi presiden agar bisa terpilih kembali.

Sebelumnya, Universitas Syiah Kuala Banda Aceh menjadi juara ketiga pada lomba ini. Lawan debatnya Universitas Mulawarman sebagai juara keempat. Sedangkan pemenang pembicara terbaik dalam Debat Konstitusi adalah Raudhatul Jannah dari Universitas Syiah Kuala.

Pada babak final itu juga diumumkan pemenang untuk Lomba Academic Constitutional Drafting dan Lomba Karya Tulis Ilmiah Sistem Ketatanegaraan. Untuk kategori naskah terbaik Academic Constitutional Drafting diraih Universitas Gajah Mada.

Sedangkan juara pertama Lomba Academic Constitutional Drafting direbut Universitas Diponegoro. Juara kedua Universitas Gajah Mada, dan juara ketiga Universitas Indonesia.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...