Universitas Trisakti Segera Berstatus Negeri

Universitas Trisakti Segera Berstatus Negeri
Universitas Trisakti. Foto: Universitas Trisakti

jpnn.com, JAKARTA - Reposisi Universitas Trisakti (Usakti) menjadi perguruan tinggi negeri berbadan hukum (PTN-BH) otonom menemui titik terang.

Pasalnya, Mahkamah Agung (MA) sudah mengeluarkan surat keputuan peninjauan kembali (PK) beberapa waktu lalu.

Keluarnya surat dari MA itu tak ubahnya obat lelah atas usaha yang dilakukan seluruh civitas academica Usakti selama lima tahun.

Selama ini, salah satu penghambat reposisi itu adalah silang pendapat antara pihak universitas dan Yayasan Trisakti.

Di satu sisi, civitas academica Usakti berjuang mengembalikan seluruh aset kepada negara.

Di sisi lain, Yayasan Trisakti justru menggunakan SK Mendikbud No.0281//1979 untuk mengklaim kepemilikan atas universitas yang didirikan oleh negara pada 1965 tersebut.

“Namun, berdasarkan putusan PK dari Mahkamah Agung, SK Mendibud tersebut telah dibatalkan. Artinya, Usakti adalah milik negara dan antara Universitas Trisakti dengan Yayasan Trisakti tidak ada hubungan hukum dalam menyelenggarakan, mengelola apalagi memiliki Universitas Trisakti yang seyogianya adalah milik negara,” ujar Ketua Senat Universitas Trisakti Prayitno di sela-sela rangkaian acara Dies Natalis ke-52 Usakti di Universitas Trisakti, Minggu (11/11).

Selain itu, PK MA memperkuat status Usakti sebagai barang milik negara seperti yang sudah ditetapkan oleh menteri keuangan.

Reposisi Universitas Trisakti (Usakti) menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) Otonom menemui titik terang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News