Upacara Digelar, Irjen Iqbal Sandang Gelar Datuk, Dianggap Amanah dan Dicintai Rakyat

Upacara Digelar, Irjen Iqbal Sandang Gelar Datuk, Dianggap Amanah dan Dicintai Rakyat
Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal menerima gelar kehormatan adat masyarakat melayu di Dumai, Jumat (17/6). Foto: Humas Polda Riau

jpnn.com, DUMAI - Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal menerima gelar kehormatan adat masyarakat melayu di Dumai, Jumat (17/6). Gelar adat Datuk Wira Lela Setia Negeri itu diserahkan langsung Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kota Dumai.

Penabalan gelar kehormatan ini diserahkan LAMR di Lembaga Adat Melayu Kota Dumai pada Jumat (17/6).

Hadir dalam acara itu antara lain Gubernur Riau Syamsuar, Ketua DPRD Riau Yulisman, Komandan Korem (Danrem) 031/WB Brigjen TNl Parlindungan Hutagalung, Wali Kota Dumai H. Paisal, Ketua Panitia Pelaksana Datuk Timo Kipda, Ketua Panitia Pengarah Datuk Zamhur Egab, dan Ketua MUI Kota Dumai Zakaria.

Acara dimulai dengan penyambutan dan pengiringan kompang dari depan pagar sampai bawah tangga. Selanjutnya, Irjen Iqbal dan Ibu Bhayangkari Riau Nindya M. Iqbal disambut dengan adegan pencak silat.

Penabalan gelar adat ditandai dengan pemasangan tanjak oleh Ketua MKA LAMR Kota Dumai Datuk Seri Atan Ujang, sedangkan pemakaian selempang oleh Datuk Seri Setia Amanah Syamsuar. Iqbal juga dipasangkan keris oleh Ketua DPH LAMR Kota Dumai Datuk Seri Syarudin Husin.

Ketua DPH LAMR Dumai mengatakan penabalan gelar datuk ini sudah sesuai alur adat. Dia menilai eks Kapolda NTB itu layak mendapatkan gelar datuk dari Dumai yang bersifat amanah, teguh pendirian, dan tepercaya.

"Setia amanah mengandung arti orang setia yang memegang sumpah setia untuk menaati nilai-nilai adat," kata dia.

Penabalan gelar itu juga berasal dari masukan tokoh adat Dumai. Iqbal sejak 2003 ketika menjabat sebagai Wakapolres Dumai hingga menjadi Kapolda Riau tetap menjalin silahturahmi kepada lembaga adat.

Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal dianggap amanah, teguh pendirian, dan tepercaya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News