Upaya Bea Cukai Gali Potensi Ekspor dan Dorong Pemanfaatan Fasilitas

Upaya Bea Cukai Gali Potensi Ekspor dan Dorong Pemanfaatan Fasilitas
Petugas Bea Cukai saat melakukan pengecekan barang yang akan diekspor. Foto: Humas Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Upaya pemerintah dalam menggenjot ekspor terus dilakukan melalui pembinaan dan asistensi kepada para pelaku usaha dalam negeri.

Bea Cukai sebagai instansi pemerintah yang memiliki kewenangan di bidang ekspor, secara aktif menggandeng instansi/lembaga lain menggali potensi ekspor di berbagai wilayah di Indonesia.

Pada Rabu (21/10), Bea Cukai Banda Aceh memberikan asistensi dan pelatihan kepada para pelaku usaha yang mengikuti kegiatan Peningkatan Kapasitas Teknis Ekspor Impor Produk dan Program Digitalisasi UMKM Melalui Akses Pemasaran Digital, Pembiayaan Digital dan Pembayaran Digital.

Bea Cukai menjadi salah satu pemateri dalam pelatihan yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Aceh.

Kepala Kantor Bea Cukai Banda Aceh Heru Djatmika Sunindya mengatakan, pelatihan ini bertujuan untuk melahirkan eksportir-eksportir baru dari Provinsi Aceh.

"Bea Cukai Banda Aceh akan terus mendampingi dan membina para calon eksportir hingga dapat melakukan ekspor perdana pada tahun 2021 mendatang," katanya.

Pelatihan tersebut diharapkan dapat memperbanyak kegiatan ekspor di Aceh sehingga dapat meningkatkan perekonomian Aceh pada khususnya dan memungkinkan untuk menarik investor-investor baru untuk dapat menanam investasinya di Aceh.

Masih di provinsi Aceh, Bea Cukai Kuala Langsa juga ikut menggali minat ekspor para pelaku usaha di wilayah Kota Langsa dan sekitarnya.

Bea Cukai secara aktif menggandeng instansi/lembaga lain menggali potensi ekspor di berbagai wilayah di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News