Upaya Ditjen Vokasi Kemendikbud dan GreatEdu Tingkatkan SDM Desa Wisata

Upaya Ditjen Vokasi Kemendikbud dan GreatEdu Tingkatkan SDM Desa Wisata
Layanan spa tour atau pijat kaki di pinggir kali yang sedang dikembangkan di desa-desa wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta. Foto: Kemenpar for JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Wikan Sakarinto, memaparkan pentingnya meningkatkan SDM yang kreatif dan kompeten dalam membantu pengembangan desa wisata.

Wikan menyampaikan hal tersebut dalam webinar yang bertajuk 'Sinergi Vokasi dalam Upskilling Pelaku Desa Wisata untuk Peningkatan Perekonomian Nasional'. Kegiatan ini digelar secara virtual pada Kamis (28/1).

Webinar ini mengulas dan memaparkan soal pengembangan desa wisata dari berbagai sisi yang sesuai dengan bidang dan tupoksinya masing-masing.

“Peran sumber daya manusia menjadi faktor yang sangat penting dalam mengembangkan desa wisata, karena kunci desa wisata ada pada kekuatan SDM-nya," ujar dia.

Lanjut Wikan menerangkan, di Direktorat Jenderal Vokasi juga ada program Training Leadership dan Mindset. "Program ini dalam rangka meningkatkan kemampuan manajerial dan leadership dari SDM," tambah dia.

Pada kesempatan itu, Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda meminta ada kerja sama yang kompak antara Kemendes PDTT - Kemendikbud - Kemenparekraf dalam mengembangkan desa wisata dan mendorong desa wisata untuk percepatan ekonomi masyarakat. "Kerja sama ini santgat penting," ujar dia.

Hal senada juga disampaikan Koordinator Kompetensi SDM Pariwisata Kemenparekraf Surana.

“Pengembangan dan pendampingan untuk desa wisata harus dilakukan secara baik agar bisa mengembangkan produk dan nilai tambah dari desa wisata itu," sebut dia.

Peningkatan SDM yang kreatif dan kompeten sangat penting dalam membantu pengembangan desa wisata.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News