JPNN.com

Upaya Pencegahan Dinilai Lebih Efektif Mengatasi Masalah Karhutla

Minggu, 22 September 2019 – 19:41 WIB Upaya Pencegahan Dinilai Lebih Efektif Mengatasi Masalah Karhutla - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Persoalan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dianggap lebih efektif diatasi dengan memperkuat pencegahan daripada upaya penanganan seperti yang selama ini dilakukan.

Guru Besar Ilmu Tanah dan Lingkungan Universitas Tanjungpura Profesor Gusti Z. Anshari menuturkan, apalagi permasalahan karhutla cukup kompleks.

Selain disebabkan perilaku dan kepentingan banyak pihak juga dipengaruhi faktor iklim di Indonesia.

"Salah satu solusi yang paling efektif adalah mewajibkan upaya pencegahan kebakaran secara komprehensif. Ini harus dilaksanakan oleh masyarakat, korporasi, dan pemerintah sebagai pengawas," kata Anshari Minggu (22/9).

Selama ini kata dia, pendekatan penanganan karhutla masih ad hoc dan program pencegahannya belum masif, termasuk di lahan gambut yang kerap menjadi sorotan ketika terjadi karhutla.

Anshari berpendapat upaya restorasi gambut yang telah dilakukan dalam kurun sekitar tiga tahun belakangan merupakan langkah tepat.

Sudah ada upaya manajemen air yang memastikan air tersedia sepanjang tahun, sehingga saat musim kering kelembaban gambut tetap terjaga. 

"Hanya, wewenang supervisinya belum seluas lahan gambut yang ada di Indonesia. Sebab, restorasi lahan gambut harus terus didukung dengan kegiatan pencegahan terfokus dan terkoordinasi dengan baik," ujarnya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...