Usai Imunisasi dari Posyandu, Puluhan Balita Keracunan

Usai Imunisasi dari Posyandu, Puluhan Balita Keracunan
Usai Imunisasi dari Posyandu, Puluhan Balita Keracunan

jpnn.com - REDELONG - Sebanyak 26 balita keracunan setelah mengikuti imunisasi di Puskesmas Pembantu (Pustu) Kampung Sumber Jaya, Timang Gajah, Bener Meriah, Aceh, Rabu (13/8).

Keracunan massal tersebut diduga kuat akibat vaksin imunisasi dan bubur kacang ijo yang dikonsumsi para balita. Pasalnya, seluruh balita yang mengikuti kegiatan imunisasi rutin bulanan yang diadakan Pustu setempat, serentak keracunan yang sama sepulang mengikuti imunisasi tersebut.

Informasi yang dihimpun Rakyat Aceh (Grup JPNN), kegiatan imunisasi diadakan sekira pukul 10.00 WIB Rabu kemarin. Seluruh balita yang datang bersama para orangtuanya menerima pemberian vaksin imunisasi lewat suntikan, sesuai usia masing-masing balita.

Mereka juga menerima pemberian pil vitamin A, serta asupan gizi bubur kacang ijo yang disediakan petugas Pustu setempat. Kemudian, setelah para orangtua masing-masing membawa pulang anak-anaknya, sekitar pukul 13.30 WIB muncul gejala keracunan yang sama dialami oleh seluruh balita," kata seorang warga Lampahan.

Menurutnya, gejala tersebut berupa demam dengan suhu badan tinggi, serta muntah-muntah. Para ibu yang khawatir dengan kondisi anak-anak mereka segera membawanya ke puskesmas Lampahan Kec. Gajah Putih, Bener Meriah. Selanjutnya, seluruh balita yang mengalami keracunan dirujuk ke RSUD Muyang Kute Simpang Tiga Redelong, sekira pukul 17.00 WIB guna mendapatkan perawatan yang lebih intensif.

Di tempat terpisah, Dirut RSU Muyang Kute Bener Meriah, Dr. Aliyin membenarkan. Belum diketahui pasti penyebab dari keracunan yang dialami para balita, karena masih harus menunggu hasil uji laboratorium terhadap vaksin imunisasi.  Namun, sample vaksin dan vitamin serta bubur kacang ijo yang diberikan kepada balita, telah dikirim ke Banda Aceh untuk diteliti lebih lanjut,” kata dia seraya menambahkan sejauh ini sudah ada 26 pasien balita dan seorang dewasa yang dirawat di RSU BM. (ron)


REDELONG - Sebanyak 26 balita keracunan setelah mengikuti imunisasi di Puskesmas Pembantu (Pustu) Kampung Sumber Jaya, Timang Gajah, Bener Meriah,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News