JPNN.com

USAID Hibahkan USD 1,38 Juta

Senin, 05 Juli 2010 – 21:31 WIB USAID Hibahkan USD 1,38 Juta - JPNN.com
USAID Hibahkan USD 1,38 Juta
JAKARTA -- United States Agency for International Development (USAID) menghibahkan dana kepada pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) sebesar USD 1,38 juta. Chief of Party Decentralized Basic Education (DBE 2)  Michael Calvano mengatakan, dana hibah tersebut digunakan untuk peningkatan mutu di tingkat sekolah dasar atau Decentralized Basic Education (DBE) sampai Pembelajaran Aktif untuk Perguruan Tinggi atau Active Learning for Higher Education (ALFHE).

“DBE-USAID dan ALFHE bertujuan untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar hingga perguruan tinggi di Indonesia, melalui pelatihan guru dan peningkatan lingkungan belajar di sekolah,” jelas Calvano di Gedung Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemdiknas, Jakarta, Senin (5/7).

Calvano menjelaskan bahwa USAID telah mengembangkan sistem pemantauan dan evaluasi untuk mengumpulkan dan melaporkan data dengan berbagai indikator untuk menelusuri masukan, kegiatan, produk, dan pencapaian proyek. Disebutkan, berdasarkan data pada tahun 2009, ada sebanyak 7 provinsi dengan rincian 1.075 kepala sekolah , 14.484 guru, dan 231.123 siswa yang mengikuti pelatihan.

Calvano menyebutkan, evaluasi USAID itu meliputi peningkatan belajar siswa atau mahasiswa, kinerja guru, kinerja kepala sekolah, lingkungan belajar, dan persepsi atau kepuasan pemangku kepentingan. “Dari waktu ke waktu evaluasi ini tidak hanya menggambarkan kemajuan sekolah binaan, tapi juga memberikan gambaran tentang pendidikan di Indonesia secara keseluruhan,” ucap Calvano.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
tomo