Usia Bertambah, DPR Tak Kunjung Berubah

Usia Bertambah, DPR Tak Kunjung Berubah
Usia Bertambah, DPR Tak Kunjung Berubah
JAKARTA -- Direktur Advokasi Pusat Studi Hukum dan Kebijakan (PSHK), Ronald Rofiandry, menilai perubahan kinerja DPR belum terlembaga dan masih membutuhkan tekanan publik. DPR yang kini memasuki usia 67 tahun, masih jauh dari harapan publik.

"29 Agustus 2012, DPR menginjak usia 67 tahun. Beragam tanggapan muncul dan menilai keberadaan DPR, terutama hasil pemilu selama era reformasi, yang (ternyata) masih belum memenuhi harapan publik," kata Ronald, Selasa (28/8) malam.

Ronald mengatakan, persepsi negatif masyarakat terhadap DPR bukan tanpa alasan. Ia menilai kinerja tiga fungsi DPR yang masih payah. Parahnya, tingkat kedisplinan anggota DPR juga rendah. Belum lagi, beberapa anggota DPR justru menyalahgunakan kewenangan yang dimilikinya.

Karenanya Ronal pesimis DPR akan semakin dipercaya publik."Tidak tertutup kemungkinan persoalan keparlemenan kita hari ini berhulu dari sistem parpol dan pemilu yang (turut) bermasalah," ujarnya.

JAKARTA -- Direktur Advokasi Pusat Studi Hukum dan Kebijakan (PSHK), Ronald Rofiandry, menilai perubahan kinerja DPR belum terlembaga dan masih membutuhkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News