Usir Asap dengan Shalat Istisqa

Usir Asap dengan Shalat Istisqa
DI TUNDA : Pesawat Sriwijaya yang rencana berangkat akhirnya dibatalkan, akibat kabut asap di bandara Juwata Tarakan .FOTO MUSTARI A RAUF/RADAR TARAKAN
PALANGKA RAYA -- Pagi hari ini, Rabu (9/9), masyarakat Palangka Raya akan menggelar shalat istisqa di halaman Mapolda Kalteng sekitar pukul 08.00 WIB. Shalat ini dilakukan setelah upaya menghilangkan tebalnya asap dengan cara-cara konvensional tidak membuahkan hasil. Upaya dengan pendekatan religius harus segera dilakukan agar aktifitas warga bisa kembali normal.

Ketika kualitas udara sudah pada taraf membahayakan nafas, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kalteng mengeluarkan imbauan kepada pimpinan MUI kabupaten/kota se Kalteng untuk melaksanakan shalat istisqa atau shalat minta hujan. "Berkenaan dengan situasi dan kondisi cuaca di wilayah Kalteng yang akhir-akhir ini semakin diselimuti oleh kabut asap akibat kebakaran atau terbakarnya hutan dan lahan, yang sangat mengganggu kesehatan dan aktivitas warga, maka pimpinan MUI Kalteng mengimbau kepada MUI kabupaten/kota dan dapat diteruskan ke MUI kecamatan di se-Kalteng, untuk dapat menyelenggarakan shalat istisqa," ujar Ketua MUI Kalteng, KH Abdul Wahid Qasimy.

MUI mengeluarkan imbauan itu setelah melihat kondisi cuaca saat ini dimana kemarau berkepanjangan dan menyebabkan kekeringan. Akibatnya banyak lahan dan hutan terbakar serta menimbulkan kabut asap  menyelimuti Kalteng. Bahkan dari alat pemantau indeks standar pencemaran udara (ISPU) yang ada di Kota Palangka Raya, udara sudah menunjukkan tingkat berbahaya.

Menurut KH Wahid Qasimy didampingi sekretarisnya Ir H Syamsuri Yusup MSi, imbauan tersebut dikeluarkan tanggal 7 September 2009. Untuk teknis dan waktu pelaksanaan shalat istisqo diserahkan kepada MUI masing-masing daerah. Wahid menambahkan, dalam teknis penyelenggaraan shalat dimaksud, agar MUI setempat mempersiapan segala sesuatunya dan berkoordinasi dengan pihak yang berkompeten.

PALANGKA RAYA -- Pagi hari ini, Rabu (9/9), masyarakat Palangka Raya akan menggelar shalat istisqa di halaman Mapolda Kalteng sekitar pukul 08.00

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News