Bupati Yahukimo Merasa Dilangkahi Yakpesmi

Bupati Yahukimo Merasa Dilangkahi Yakpesmi
Bupati Yahukimo Merasa Dilangkahi Yakpesmi
YAHUKIMO -- Bupati Yahukimo, Papua, Ones Pahabol mulai bisa menerima pemberitaan mengenai ratusan warganya yang meninggal akibat kelaparan. Hanya saja, dia merasa dilangkahi oleh Yayasan Kristen Pelayanan Sosial Masyarakat Indonesia (Yakpesmi), yang memberitahukan kondisi memprihatinkan itu ke media massa. Kata bupati, mestinya Yakpesmi menyampaikan informasi itu terlebih dahulu ke Pemkab Yahukimo. Namun, bupati mengaku bisa menerima langkah Yakpesmi.

"Meski kami dilangkahi, tapi itu tidak masalah," kata Ones Pahabol di ruang kerjanya, didampingi Sekda Drs. Roby Langkutoy, kemarin. Pemkab Yahukimo sendiri akhirnya memutuskan akan memberikan bantuan tanggap darurat guna mengatasi adanya kelaparan akibat gagal panen untuk  beberapa distrik di Kabupaten Yahukimo. Obat-obatan dan tenaga medis serta bantuan telah didrop ke sejumlah distrik, antara lain, Langda, Saradala, Bomela, Labahak, Suntamon, Anggruk dan beberapa distrik lainnya yang dipandang perlu. Sedang bahan makanan (bama), kata bupati, sedang dipersiapkan.

Harus diakui, adanya laporan kematian warga di sejumlah distrik  disikapi cepat  oleh Pemkab Yahukimo. Setelah sebelumnya menurunkan tim ke distrik-distrik, maka  Selasa kemarin, langsung ditindaklanjuti dengan suatu  pertemuan lengkap  yang melibatkan pihak gereja. Bupati Yahukimo Ones Pahabol mengatakan, tujuan pertemuan itu selain  dimaksudkan untuk bisa mengklarifikasi laporan LSM soal adanya jumlah korban meninggal karena kelaparan, juga untuk menentukan langkah penanganan selanjutnya.

Dikatakan Ones, terlepas dari jumlah data korban yang dilaporkan itu, pemerintah dan gereja betul-betul melihat umat dan masyarakat itu sebagai tanggungjawab mereka. Karenanya, setiap persoalan yang terjadi di masyarakat, pemerintah berkewajiban dan maksimal  melihat kondisi yang sebenarnya, untuk selanjutnya dilaporkan secara berjenjang ke pemerintah, baik Provinsi Papua maupun pusat.

YAHUKIMO -- Bupati Yahukimo, Papua, Ones Pahabol mulai bisa menerima pemberitaan mengenai ratusan warganya yang meninggal akibat kelaparan. Hanya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News