Usulan Anggaran Ditolak, Menteri Pendidikan Italia Mundur

Usulan Anggaran Ditolak, Menteri Pendidikan Italia Mundur
Menteri Pendidikan Italia Lorenzo Fioramonti. Foto: Reuters

jpnn.com, ROMA - Menteri Pendidikan Italia Lorenzo Fioramonti mengundurkan diri setelah tidak mendapatkan anggaran yang dimintanya untuk meningkatkan mutu sekolah dan universitas di negara tersebut, Rabu (25/12).

Pengunduran diri Fioramonti menjadi pukulan bagi pemerintah Italia. Hal ini juga menggarisbawahi masalah dalam Gerakan Bintang Lima (M5S), partai Fioramonti, yang berupaya bangkit kembali di tengah meluasnya kekecewaan internal terhadap pemimpin mereka Luigi Di Maio.

Fioramonti mengatakan kepada Reuters ia mengajukan pengunduran diri kepada Perdana Menteri Giuseppe Conte melalui surat bertanggal 23 Desember.

Dia memang sudah sejak lama menyatakan akan mundur kecuali anggaran pendidikan ditambah menjadi UER 3 miliar (Rp 46,5 trilun) pada 2020.

"Seharusnya tidak mengejutkan siapa pun bahwa seorang menteri menepati ucapannya," kata Fioramonti kepada Reuters saat wawancara pada Rabu.

Fioramonti menuturkan dirinya akan tetap mendukung pemerintah di parlemen, di mana ia menjabat sebagai deputi majelis rendah. (ant/dil/jpnn)

Menteri Pendidikan Italia Lorenzo Fioramonti mengundurkan diri setelah tidak mendapatkan anggaran yang dimintanya untuk meningkatkan mutu sekolah dan universitas di negara tersebut, Rabu (25/12).


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News